Peningkatan Soft Skill Kerja Sama Dan Pemahaman Konsep Peserta Didik Kelas VIII MTs Ma’arif NU 1 Patikraja Pada Mata Pelajaran IPA Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning

Laely Mahmudah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menerapkan model Problem Based Learning dalam Pembelajaran IPA Kelas VIII MTs Ma’arif NU 1 Patikraja dan (2) meningkatkan soft skill kerja sama dan pemahaman konsep peserta didik kelas VIII pada mata pelajaran IPA. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Prosedur meliputi dua siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian bertempat di MTs Ma’arif NU 1 Patikraja. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi, angket, dan tes (pre test post test). Teknik analisis yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan model pembelajaran Problem Based Learning meliputi lima langkah, yaitu: mengorientasi peserta didik kepada masalah; mengorganisasikan peserta didik; membimbing penyelidikan individu dan kelompok; mengembangkan dan menyajikan hasil karya; dan menganalisa dan mengevaluasi proses pemecahan masalah. (2) hasil observasi selama proses pembelajaran, perbaikan dalam pembelajaran, dan hasil pre test post test menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan soft skill kerja sama dan pemahaman konsep peserta didik pada materi alat optik. (3) rata-rata hasil pre test post test peserta didik pada siklus I sebesar 66,52 dan pada siklus II sebesar 75,43. Peserta didik mengalami peningkatan ketuntasan belajar dari siklus I sebesar 39% menjadi 83% pada siklus II.


Full Text:

PDF

References


Collete, A.T. & Chiappetta, E.L. (1994). Science Instruction in the Middle and Secondary Schools (3rd ed). New York: Macmillan Publishing Company.

Fikri, A. A., Ismah, V., & Paidi, P. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Guided Inquiry Untuk Meningkatkan Creative Thinking Siswa. Thabiea: Journal of Natural Science Teaching. Vol (1)(01): 1-8.

Hosnan, H. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21 Kunci Sukses Implementasi Kurikulum 2013. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.

Kasmadi, K. (2013). Membangun Soft skills Anak-anak Hebat Pembangunan Karakter & Kreativitas Anak. Bandung: Alfabeta.

Kemendikbud. (2013). Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 SMP/MTs IPA. Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan, Jakarta.

Thalib, S. B. (2013). Psikologi Pendidikan Berbasis Analisis Empiris Aplikatif. Jakarta: Kencana Prenamedia Group.

Yunin, N. & Wardan, S. (2014). Penerapan Model Problem-Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir kritis dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal pendidikan Vokasi. Vol (4) (1): 125-143.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/thabiea.v2i1.5162

Refbacks

  • There are currently no refbacks.