PEMANFAATAN ALAT DAN BAHAN DARI LINGKUNGAN SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SEDERHANA MATA PELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MTS MUWAHIDUN GEMBONG

Dody Rahayu Prasetyo, Ulya Fawaida, Faiq Makhdum Noor

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendesain dan menghasilkan media pembelajaran sederhana mata pelajaran IPA menggunakan  alat dan bahan dari lingkungan sekitar, serta meningkatkan motivasi siswa MTs Muwahidun. Metode pengumpulan data pada penilitian ini ada empat, yaitu: 1) studi pustaka, 2) observasi, 3) wawancara, dan 4) angket. Model 4D digunakan dalam pengembangan penelitian ini yang terdiri atas tahapan: 1) Difine, 2) Design, 3) Develop, 4) Disseminate. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu: 1) media pembelajaran yang dikembangkan layak untuk digunakan dalam pembelajaran dan 2) dengan menggunakan media pembelajaran, motivasi siswa meningkat. Hal ini didasarkan dari 1) media pembelajaran dinyatakan layak oleh ahli, 2)ketersediaan alat dan bahan dalam  pembuatan media pembelajaran sangat memadai, 3)  media pembelajaran yang dibuat bersifat konkret sesuai dengan umur siswa MTs dan sesuai dengan KI-KD pada kurikulum 2013, dan 4) media pembelajaran menarik dan mudah dipahami.

Full Text:

PDF

References


Dudo, H.J., Awang, I.S., & Andri. 2018. PKM Pelatihan Pemanfaatan Bahan Bekas sebagai Media Pembelajaran IPA bagi Kelompok Guru IPA. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, Vol.8(1) Juli 2018.

Kemendikbud. 2017. Panduan Pengembangan Media Pembelajaran Sederhana. Jakarta

Prasetyo, D.R. 2018. Tingkat Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Momen Gaya. Thabiea Journal of Natural Science Teaching. Vol 1, No. 2.

Sidharta, A & Widuono, Y. 2012. Pengembangan Alat Peraga Praktik (APP) Sederhana untuk Guru SMP. Jakarta: P4TK IPA untuk Program Bermutu.

Sudjana, N., dan Rivai, A. 2011. Media Pengajaran. Bandung. Sinar Baru Algensindo.

Taiwo, S. 2009. Teachers’ Perception of The Role of Media in Classroom Teaching in Secondary School. The Turkish Online of Journal of Educational Technology volume 8 Issue 1 Article 8.

Widhy, Purwanti. 2009. Alat dan Bahan Kimia dalam Laboratorium IPA. Makalah disampaikan pada Pelatihan Penggunaan Alat Laboratorium IPA tanggal 21-22 Februari 2009 di SMP N 3 Gamping Sleman Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/thabiea.v2i2.5967

Refbacks

  • There are currently no refbacks.