IMPLEMENTASI PENGELOLAAN ZAKAT PRODUKTIF HIBAH MODAL DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MUSTAHIK MISKIN (STUDI PADA BAZNAS KOTA MOJOKERTO)

Ana Musta’anah, Imam Sopingi

Abstract


Kemiskinan menjadi masalah yang masih banyak diperbincangkan. Hal tersebut bukan berarti pemerintah tidak peduli. Namun banyak faktor yang menghambat kinerja program pemerintah dalam mengentas kemiskinan. Adanya pengelolaan zakat produktif secara tepat guna diharapkan mampu mengurangi angka kemiskinan yang ada. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pola pengelolaan dan dampak pengelolaan zakat produktif hibah modal dalam meningkatkan kesejahteraan mustahik miskin pada Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Mojokerto. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan memadukan jenis penelitian fenomenologi dan studi kasus. Pengumpulan data yang dilakukan dengan wawancara, observasi partisipatif langsung, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan teknik credibility (validitas internal), transferability (validitas eksternal), dependability (realibilitas), dan confirmability (obyektifitas). Teknik analisis dengan cara reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah pengelolaan zakat produktif hibah modal masih belum mampu meningkatkan kesejahteraan mustahik miskin secara signifikan baik secara material maupun spiritual. Hal tersebut dapat dilihat dari pendapatan empat mustahik yang berstatus tetap dari sepeluh mustahik yang dijadikan sampel. Bahkan dari sisi spiritual, hibah modal belum mampu meningkatkan kesejahteraan mustahik. Hal tersebut dapat dilihat dari tidak adanya perubahan spiritualitas dari sebelum dan sesudah mendapatkan hibah modal.  


Keywords


Kemiskinan, Pengelolaan Zakat Produktif, Hibah Modal, Kesejahteraan Mustahik Miskin



DOI: http://dx.doi.org/10.21043/ziswaf.v6i1.5611

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 ZISWAF : Jurnal Zakat dan Wakaf

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by :

Hasil gambar untuk logo google scholarLogo IPIImage result for LOGO ISJD

 

 

.

Ziswaf : Jurnal Zakat dan Wakafby Prodi Zakat dan Wakaf Jurusan Syariah dan Ekonomi Islam STAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License