Pengelolaan ZIS Dalam Upaya Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Dan Penanggulangan Kemiskinan (Studi Deskriftif dan Preskriptif di BAZNAS Kabupaten/Kota di Eks-Karesidenan Surakarta)

Muhammad Zumar Aminudin, Lila Pangestu Hadiningrum

Abstract


Islam mengajarkan meminimalisir kesenjangan antara yang kaya dan yang miskin melalui ajaran Zakat, Infak dan Sedekah (ZIS). Solo Raya termasuk zona merah daerah miskin dengan potensi dan permasalahannya yang beragam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi serta upaya yang seharusnya dilakukan oleh BAZNAS Kabupaten/kota di Solo Raya dalam pengumpulan dan pendistribusian serta pendayagunaan ZIS dalam rangka peningkatan kesejahteraan dan penanggulangan kemiskinan.

Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang ditunjang dengan pendekatan yuridis sosiologis, karena zakat merupakan perbuatan hukum yang dipraktikkan di masyarakat. Data dikumpulkan dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data  menggunakan metode perbandingan tetap (constant comparative method).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengumpulan ZIS oleh  BAZNAS di Wilayah Solo Raya secara umum mengandalkan Pegawai Negeri Sipil. Besar kecilnya hasil pengumpulan berpengaruh terhadap program-program yang bisa dijalankan. BAZNAS Kabupaten/Kota Solo Raya telah mendistribusikan  ZIS untuk kepentingan konsumtif untuk kepentingan jangka pendek dan produktif untuk kepentingan jangka panjang. Upaya yang seharusnya dilakukan oleh Baznas dalam pengumpulan, pendistribusian serta pendayagunaan ZIS meliputi: mengoptimalkan gerakan sadar ZIS di berbagai kalangan masyarakat melalui berbagai metode dan medsos, memaksimalkan layanan penyaluran ZIS, berperan aktif dalam layanan jemput zakat serta pembinaan dan pendampingan secara berkala terhadap kegiatan ekonomi produktif. Adanya pengelolaan ZIS yang efektif  oleh Baznas di Wilayah Solo Raya diharapkan mampu memberikan kontribusi dalam meningkatkan kesejahteraan dan penanggulangan kemiskinan.


Keywords


Pengelolaan, ZIS, kesejahteraan, kemiskinan



DOI: http://dx.doi.org/10.21043/ziswaf.v6i1.5612

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 ZISWAF : Jurnal Zakat dan Wakaf

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by :

Hasil gambar untuk logo google scholarLogo IPIImage result for LOGO ISJD

 

 

.

Ziswaf : Jurnal Zakat dan Wakafby Prodi Zakat dan Wakaf Jurusan Syariah dan Ekonomi Islam STAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License