TEKNOLOGI QUANTUM IKHLAS DALAM PENGELOLAAN STRES UNTUK MENINGKATKAN ESQ PADA GURU MADRASAH IBTIDAIYAH

Saiful Mujab

Abstract


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis
bagaimana penerapan Teknologi Quantum Ikhlas untuk
pengembangan kecerdasan emosional dan spiritual (ESQ) guna
menekan stres. Penelitian ini merupakan penelitian pustaka (library
research) dengan melakukan tela’ah pada buku Quantum Ikhlas
karya Erbe Sentanu. Pengumpulan data dilakukan dengan tehnik
dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan: peningkatan ESQ
dalam penerapan Teknologi Quantum Ikhlas menggunakan metode
motivasi, metode cerita disertai perumpamaan yang mengandung
pelajaran dan nasihat, metode pembiasaan, dan metode visualisasi.
Peningkatan ESQ melalui Teknologi Quantum Ikhlas mampu
menekan stres, karena peserta dari guru madrasah diniyyah pada
pelatihan goal praying menunjukkan peningkatan ESQ melalui
pengamatan elektroensefalogram. Kecerdasan emosional utamanya
mampu mengendalikan emosi diri (nafsu) atau takhalli, sedangkan
kecerdasan spiritual mencoba menghiasi diri dengan sifat terpuji
(tahalli), yaitu sabar saat mendapat masalah dan syukur atas
pemberian Allah.


Keywords


Teknologi Quantum Ikhlas, Stres, Kecerdasan Emosional dan Spiritual (ESQ)

References


Agustian, A.G. 2001. Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosi dan Spiritual ESQ: Emotional Spiritual Quotient Berdasarkan 6 Rukun

Iman dan 5 Rukun Islam. Jakarta: Penerbit Arga.

Agustian, A.G. 2005. Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosi dan Spiritual (ESQ Way 165). Jakarta: Penerbit Arga.

Arnheim D.D, 1984. Modern principles of athletic training. 7th ed. USA :Mosby college publishing.

Emma. 2012. stress dan tahapanya. Online at :. https:/ /emmakim28.blogspot.com /2012/10/ stress-dan-tahapannya.html. diakses pada tanggal 12 Juli 2018

Goleman, D. 2003. Emotional Intellegence: Kecerdasan Emosional. penerjemah: T.Hermaya. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Gunawan, D. 2011. Kedahsyatan dan Kekuatan Gelombang Otak. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Guyton A.C. 2000. Text Book of Medical Physiology, 10th. Ed. USA: W.B. Saunders Co.

Helmi, S. 2010. Pengembangan Kecerdasan Emosi dan Spiritual. Online at:https://shelmi.wordpress.com/2010/03/17/ pengembangankecerdasan-emosi-dan-spiritual/. Diunduh 23 Agustus 2017.

Hole J.W. 1981. Human Anatomy and Physiology, 2th. Ed. Dubuque-

Lowa.WCB.

Ilmawati, H. 2014. Pengembangan Kecerdasan Emosional dan Spiritual melalui Teknologi Quantum Ikhlas (Telaah Buku Quantum Ikhlas Karya Erbe Sentanu). Skripsi. Yogyakarta: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

Jalil, M. 2017. Visi Ilmiah dalam Ruwahan. Kudus: Tidak Diterbitkan.

Jamil, Z. 2004. Menggapai Sukses Dengan Emosi Cerdas. Majalah Wanita

Ummi. Edisi Spesial, 4 April 2004, hal. 20.

Mizan. 2001. Pengembangan Kecerdasan Spiritual. Tesis. Online at:

http://etheses.uin-malang.ac.id/1640/6/08410107_Bab_2.pdf.

diakses 23 Agustus 2017.

Najamuddin, M. 2011. Memahami Cara Kerja Gelombang Otak Manusia, Yogyakarta: DIVA Press.

Satiadarma, M.P. & Fidelis E.W. 2003. Mendidik Kecerdasan. Jakarta: Pustaka Populer.

Sentanu, E. 2012. Quantum Ikhlas. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Sherwood L. 1996. Human Physiology: from Cells to Systems, 2th. Ed. Virginia

Tsani, S. 2005. Biarkan Tuhan Menghiburmu. Jakarta: Pustaka Zahra.

Wijaya, D. 2007. Peluang Meningkatkan Karir dengan Inteligensi

(Kecerdasan). Jakarta: Restu Agung.

Zohar, D & Marshall, I. 2007. SQ: Kecerdasan Spiritual. Jakarta: PT Mizan Pustaka.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/elementary.v6i1.4378

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

indexed by:

http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/moraref.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/googlescholar.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/sinta.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/19.jpg

 

 Creative Commons License

Elementary : Islamic Teacher Journal by Program Studi PGMI Jurusan Tarbiyah STAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License