PENANAMAN KEDISIPLINAN TANPA KEKERASAN PADA PROSES PEMBELAJARAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH

Zuri Pamuji

Abstract


Tindakan kekerasan seringkali masih dilakukan pada peserta didik
dengan dalih membentuk kedisiplinan. Tujuan dari penelitian ini
adalah mendapatkan gambaran tentang peran guru kelas dalam
menanamkan karakter disiplin bagi peserta didik dan upaya guru
kelas 1A di MI Muhammadiyah Beji dalam menanamkan kedisiplinan tanpa kekerasan pada proses pembelajaran. Penelitian
ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif-kualitatif
dengan memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subyek
penelitian misalnya: perilaku, persepsi, motivasi, tindakan dan lainlain
secara holistik. Berdasarkan hasil penelitian, seorang guru
kelas memiliki peran penting dalam menanamkan karakter disiplin
tanpa menggunakan kekerasan dalam proses pembelajaran. Hal
tersebut dapat dilakukan dengan dua upaya. Pertama, melalui
kegiatan pengembangan diri yang terintegrasi dengan proses
pembelajaran, baik melalui pembiasaan, pengkondisian, pemberian
contoh dan kegiatan spontan terkait dengan karakter disiplin.
Kedua, melalui integrasi karakter dalam semua mata pelajaran yang
dipelajari.


Keywords


displin, karakter, proses pembelajaran, tanpa kekerasan

References


Aulina, Choirun Nisak. 2013. Penanaman Disiplin Pada Anak Usia Dini. Pedagogia: Vol 2, No:1

Basrowi dam Suwandi. 2008. Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Blandford, Sonia. 1998. Managing Discipline On Schools. US: Routledge.

Depdiknas. 2009. Pedoman Tugas Guru dan Pengawas. Jakarta: Dirjen Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PMPTK).

Direktorat Jendral Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan

Departemen Pendidikan Nasional. 2009. Pedoman Tugas Guru dan

Pengawas.

Ihsan, Fuad. 2003. Dasar-Dasar Kependidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Kementerian Pendidikan Nasional. 2010. Pengembangan Pendidikan

Budaya dan Karakter Bangsa; Pedoman Sekolah. Jakarta: Balitbang

Puskur Kemdiknas.

Koesoema, Doni. 2007. Pendidikan Karakter Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Jakarta: PT Gramedia.

Krug, E.G., et al. 2002. World Report On Violence and Health. Geneva: World Health Organization.

Lickona, Thomas. 2015. Mendidik Untuk Membentuk Karakter (terj.). Jakarta: Bumi Aksara.

Lickona, Thomas. 2016. Persoalan karakter; bagaimana membantu anak mengembangkan penilaian yang baik, integritas, dan kebajikan

penting lainnya (terj.). Jakarta: Bumi Aksara.

Moleong, Lexy J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nazir, M. 1988. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Undang-Undang No 20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

http://lampung.tribunnews.com/2016/10/19/pukul-siswanya-guru-sdn-4-awah-lama-dapat-sanksi-ini Diakses 13 Maret 2017

http://www.antaranews.com/berita/616624/kpai-jangan-gunakankekerasan-dalam mendisiplinkan-siswa Diakses 13 Maret 2017




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/elementary.v6i1.4379

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

indexed by:

http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/moraref.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/googlescholar.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/sinta.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/19.jpg

 

 Creative Commons License

Elementary : Islamic Teacher Journal by Program Studi PGMI Jurusan Tarbiyah STAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License