Open Journal Systems

Pemikiran Tasawuf Imam Al-Ghazali

Ahmad Zaini

Abstract

Salah satu tokoh sufi dalam sejarah pemikiran Islam adalah Imam al-Ghazali.Beliau dikenal sebagai orang yang pada mulanya syakk (ragu-ragu) terhadap segala-galanya. Perasaan syakk ini kelihatannya timbul dalam dirinya dari pelajaran ilmu kalam atau teologi yang diperolehnya dari al-Juwaini. Setelah al-Ghazali, melalui pengembaraannya mencari kebenaran akhirnya memilih jalan tasawuf. Menurutnya, para sufilah pencari kebenaran yang paling hakiki. Lebih jauh lagi, menurutnya, jalan para sufi adalah paduan ilmu dengan amal, sementara sebagai buahnya adalah moralitas. Menurutnya, ada beberapa jenjang (maqamat) yang harus dilalui oleh seorang calon sufi, diantaranya: tobat, sabar, kefakiran, zuhud,  tawakal, dan  makrifat. Selanjutnya, ia membagi manusia ke dalam tiga golongan, yaitu sebagai berikut: pertama, kaum awam, yang cara berfikirnya sederhana sekali. Kedua, kaum pilihan (khawas; elect) yang akalnya tajam dan berfikir secara mendalam. Ketiga, kaum ahli debat (ahl al-jadl). Adapun tentang kebahagiaan, al-Ghazali berpendapat bahwa kebahagiaan adalah tujuan akhir jalan para sufi, sebagai buah pengenalan terhadap Allah. Melalui pemikiran tasawufnya, al-Ghazali telah mengubah atau paling tidak telah berusaha merubah istilah-istilah yang sulit menjadi mudah bagi pemahaman orang awam. Melalui pendekatan sufistik, al-Ghazali berupaya mengembalikan Islam kepada sumber fundamental dan historis serta memberikan suatu tempat kehidupan emosional keagamaan (esoterik) dalam sistemnya.

Keywords


Pemikiran,Tasawuf, al-Ghazali

References


Al-Ghazali. (2002). Samudera Pemikiran al-Gazali.Yogyakarta: Pustaka Sufi.

________.(1997). Mutiara Ihya Ulumuddin. Diterjemahkan oleh Irwan Kurniawan dari Mukhtashar Ihya Ulumuddin. Bandung: Mizan.

al-Taftazani, Abu al-Wafa al-Ghanimi. (2003).Sufi dari Zaman ke Zaman: Suatu Pengantar tentang Tasawuf.Diterjemahkan oleh Ahmad Rofi’ Utsmani dari Madkhal ila al-Tashawwuf al-Islam. Bandung: Pustaka.

Iqbal, Abu Muhammad. (2015).Pemikiran Pendidikan Islam: Gagasan-Gagasan Besar Para Ilmuwan Muslim. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Maftukhin. (2012).Filsafat Islam. Yogyakarta: Teras.

Nasution, Ahmad Bangun, dan Rayani Hanum Siregar. (2013)Akhlak Tasawuf: Pengenalan, Pemahaman, dan Pengaplikasiannya (Disertai Tokoh-tokoh Sufi). Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Supriyadi, Dedi. (2013).Pengantar Filsafat Islam. Bandung: Pustaka Setia.

Syukur,Amin,dan Masharudin. (2002).Intelektualisme Tasawuf. Yogyakarta: Pustaka Pelajar dan LEMBKOTA Semarang.

Tim Penyusun. (2002).Ensiklopedi IslamJilid 2, 4, 5. Jakarta: PT Ichtiar Baru van Hoeve.

Yatim, Badri. (2000).Sejarah Peradaban Islam, Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Zar, Sirajuddin.(2014).Filsafat Islam: Filosof dan Filsafatnya. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.


Full Text: PDF

DOI: 10.21043/esoterik.v2i1.1902

How To Cite This :