Open Journal Systems

PSIKOLOGIS MAD’U DI ERA MEDIA ELEKTRONIK (Prediksi Perubahan Perilaku Masyarakat)

Farida Farida

Abstract

Keunikan manusia tidak hanya pada kemampuan kognitifnya, tetapi
juga komunikasi dengan simbol-simbol yang saling memahamkan
sehingga ada keterikatan psikologis. Oleh karenanya, manusia sebagai
mad’u dalam proses dakwah dapat mengalami perubahan perilaku
dalam kehidupan bermasyarakat. Sehingga seorang da’i memiliki
peluang untuk memprediksi dan membentuk perubahan perilaku
mad’u yang akan mempengaruhi dalam hidup bermasyarakat. Seiring
dengan perkembangan teknologi yang canggih, yakni keberadaan media
elektronik sebagai media dakwah akan membantu tugas seorang da’i.
Namun da’i harus tetap memperhatikan psikologis mad’u sebagai
manusia yang memiliki keinginan dan kebebasan dalam berperilaku.
Sehingga media elektronik (radio dan televisi) sebagai salah satu media
dalam berdakwah dapat dimanfaatkan untuk merubah perilaku mad’u
yang memberikan dampak positif dalam kehidupan bermasyarakat
yang mengutamakan sifat dasar manusia, yaitu: berkasih sayang,
saling menghiormati, tolong menolong. Sifat tersebut tetap diperhatikan
meskipun menggunakan media elektronik untuk memudahkan dan
menjangkau masyarakat diseluruh penjuru dunia dalam aktivitas
berdakwah. Sehingga tujuan dakwah dengan menggunakan prinsip-
prinsip berdakwah agar mad’u memahami agama dengan penuh
kesadaran dan menjalankan perilaku agama dengan rasa senang.

Keywords


Psikologi, Media elektronik, Prilaku Masyarakat.

References


Effendy, Onong Uchjana. 2008. Dinamika Komunikasi. Bandung:

Remaja Rosdakarya.

Kusumaningrat, Hikmat dan Kusumaningrat, Purnama.

Jurnalistik: Teori dan Praktik. Bandung: Remaja

Rosdakarya.

Ma’arif, Bambang Saiful. Komunikasi Dakwah: Paradigma Untuk

Aksi. 2010. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Muhtadi, Asep Saeful. 2012. Komunikasi Dakwah: Teori,

Pendekatan, dan Aplikasi. Bandung: Simbiosa

Rekatama Media.

Pieter, Herri Zan. 2012. Pengantar Komunikasi dan Konseling

dalam Praktik Kebidanan: Suatu Kajian Psikologi.

Jakarta: Kencana. Prenada Media Group

Rivers, William L. 2003. Media Massa dan Masyarakat Modern.

Jakarta: Kencana. Prenada Media Grou


Full Text: PDF

DOI: 10.21043/at-tabsyir.v4i2.2917

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.