Open Journal Systems

Memahami Komunikasi Lintas Budaya Sebagai Sarana Dakwah

Ahmad Zaini

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana mengelola komunikasi lintas budaya yang efektif sebagai sarana dakwah pada masyarakat yang multikultur sehingga hambatan-hambatan komunikasi dapat diminimalisir. Memahami komunikasi lintas budaya bagi seorang komunikator (dai) merupakan suatu keniscayaan dalam proses penyampaian pesan-pesan agama agar pesan yang disampaikan dapat dipahami dan dimengerti oleh komunikan (mitra dakwah). Hasil studi ini menunjukkan bahwa komunikator lintas budaya apabila pesan dakwahnya dapat dipahami oleh para mitra dakwah harus bisa mengelola komunikasi secara efektif, pertama, pengembangan sensitivitas kultural yaitu kemampuan komunikator memahami budayanya sendiri dan budaya orang lain, kedua, encoding dengan berhati-hati yaitu keterampilan komunikator dalam mengalihbahasakan suatu makna ke dalam simbol secara tepat, ketiga, selektif transmisi yaitu kepiawaian komunikator menggunakan media yang cocok, keempat, decoding berhati-hati, yaitu kecakapan komunikator (dai) dalam memaknai simbol, kelima, tindak lanjut yang tepat yaitu keterampilan perilaku verbal dan nonverbal komunikator secara personal. Selain itu agar komunikasi lintas budaya dapat efektif, komunikator harus memiliki kemahiran untuk mengungkapkan pesan secara maksimal, kesanggupan untuk menterjemahkan isi dari pesan, kemampuan untuk menyesuaikan kebudayaan pribadinya dengan kebudayaan orang lain serta mempunyai kepiawaian untuk memberi jaminan atas dari kebudayaan lain.

Keywords


komunikasi, lintas budaya, dakwah

References


Dayakisni, Tri & Yuniardi, Salis. (2012). Psikologi Lintas-Budaya, Malang: UPT Universitas Muhammadiyah Malang.

Liliweri, Alo. (2003). Dasar-Dasar Komunikasi Antarbudaya, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

___________. (2010). Strategi Komunikasi Masyarakat. Yogyakarta: LKiS.

Mulyadi, Deddy. (2015). Perilaku Organisasi dan Kepemimpinan Pelayanan (Konsep dan Aplikasi Administrasi, Manajemen, dan Organisasi Modern), Bandung: Alfabeta.

Mulyana, Deddy, (Ed.). (2014). Komunikasi Antarbudaya: Panduan Berkomunikasi dengan Orang-Orang Berbeda Budaya, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Thoha, Miftah. (2015). Perilaku Organisasi (Konsep Dasar dan Aplikasinya), Jakarta: Rajawali Pers.

Umam, Khaerul. (2010). Perilaku Organisasi, Bandun: CV Pustaka Setia.

Wibowo. (2016). Budaya Organisasi (Sebuah Kebutuhan untuk Meningkatkan Kinerja Jangka Panjang), Jakarta: Rajawali Pers.


Full Text: PDF

DOI: 10.21043/at-tabsyir.v5i1.3153

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.