Open Journal Systems

JURNALISTIK DAN DAKWAH ISLAM

Abdul Karim

Abstract

Artikel ini menjelaskan tentang jurnalistik dan dakwah Islam. Sebagaimana diketahui bahwa perkembangan arus informasi sekarang ini begitu deras dan cepat sampai ke ujung pelosok dunia sekalipun. Tulisan ini menggunakan pendekatan analisis sosial mencoba membedah posisi strategis jurnalistik dalam menyebarkan dakwah Islam. Mengingat begitu pentingnya masyarakat dunia memperoleh suatu sajian informasi yang tidak hanya akurat dan benar, tetapi informasi yang menentramkan hati, mendamaikan jiwa jauh dari berita atau informasi provokatif yang meresahkan dan menimbulkan permusuhan diantara satu dengan yang lainnya, sehingga sering kali hal itu menjadi persoalan ditengah-tengah masyarakat kita saat ini. Hasilnya tulisan ini mampu menarik suatu benang merah betapa jurnalistik sebagai media pers saat ini memiliki peran yang sangat penting dalam menyampaikan dakwah Islam dengan memberikan suatu warna distingtif terhadap persoalan-persoalan etika jurnalistik sebagai media dakwah Islam.

Keywords


Jurnalistik, media, informasi, pers dan dakwah Islam

References


Amin, Samsul Munir, Ilmu Dakwah, Jakarta: Amzah, 2009

Asep Syamsul M. Ramli, Jurnalistik Praktis untuk Pemula, cet. 7, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006.

Astrid S. Susanto, Komunikasi Massa, Bandung: Bina Cipta, 1986

Ath-Thabari, Jami’ al-Bayan ‘an Ta’wiul Ayy al-Qu’an, Dar al-Fikr, Beirut, 1405 H, juz XXVI.

Fathurokhmah, Fita, dalam Gun Gun Heryanto dkk, Melawan Hoax di Media Sosial dan Media Massa, editor. Aep Wahyudin dan Manik Sunuantari, kata pengantar Lukman Hakim Syaifuddin (Menteri Agama RI), Yogyakarta: Trustmedia Publishing, 2017

Holmes, David, Komunikasi Media, Teknologi dan Masyarakat, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2012.

Liliweri, Alo, Dasar-Dasar Komunikasi Antarbudaya, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2013.

Suhandang, Kustadi, Pengantar Jurnalistik Seputar Organisasi, Produk, & Kode Etik, Bandung: Yayasan Nuansa Cendekia, 2004.




DOI: 10.21043/at-tabsyir.v5i2.3196

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.