Open Journal Systems

DILEMA DAKWAHTAINMENT

Fatma Laili

Abstract

Abstraksi

Pemanfaatan teknologi dalam pemenuhan kebutuhan spiritual masyarakat Indonesia terus mengalami perkembangan akan eksistensinya sebagai konskwensi modernisasi zaman. Dakwahtainment sebagai model dakwah di televise merupakan salah satu warna dari perkembangan media dakwah melalui pemanfaatan teknologi. Sebagai salah satu metode dakwah yang cukup strategis, dakwahtainment sangat membantu dalam proses proses pembangunan spiritual sebagian kalangan masyarakat kita. Sebuah hal yang dilematis dari program dakwahtainment ketika kemasan dari metode dakwah dengan entertainment ini kerap mengundang persepsi masyarakat yang tanpa disadari mengkerdilkan nilai-nilai agama Islam.

Model dakwahtainment saat ini, banyak elemen yang terlibat di dalamnya justru mengikis moral masyarakat karena minimnya tauladan yang diperankan oleh individu yang terlibat di dalamnya serta tidak terpenuhinya esensi materi dakwah yang ingin disampaikan dai pada madu yang disebabkan banyaknya faktor yang bersifat materialistis dan kapitalis sebagai budaya pertelevisian yang terdapat di Indonesia saat ini. Hal yang bijak adalah mengupayakan pengelolaan kebutuhan masyarakat akan model dakwahtainment yang bertanggung jawab dengan berpijak pada nilai-nilai yang terdapat dalam ajaran Islam secara konsisten serta dengan mengkolaborasikan dengan konsep komunikasi media secara professional dalam meneruskan perjalanan dakwah melalui media televise

Kata Kunci : Dakwahtainment

Full Text: PDF (Bahasa Indonesia)

DOI: 10.21043/at-tabsyir.v1i1.451

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.