Open Journal Systems

TANTANGAN DAKWAH DI ERA TEKNOLOGI DAN INFORMASI (Formulasi Karakteristik, Popularitas dan Materi di Jalan Dakwah)

Nur Ahmad

Abstract

Abtraksi

Teknologi diera globalisasi telah mengalami kemajuan yang begitu pesatnya, beragam macam media komunikasi bersaing dalam memberikan informasi yang tanpa batas. Dunia kini telah dan sedang berubah, bergulir dalam proses revolusi informasi dan komunikasi yang melahirkan peradaban baru sehingga mempermudah manusia untuk saling berhubungan serta meningkatkan mobilitas sosial. Kehadiran media massa, seperti surat kabar, radio, televisi dan internet, sebagai komunikasi abad modern telah berpengaruh luas.

Suatu pesan atau berita dapat dengan mudah diterima oleh masyarakat dalam waktu yang relatif singkat. Fasilitas internet merupakan yang terlengkap dan efisien, dimana segala bentuk dan macam informasi dapat diakses dengan mudah dan murah termasuk dalam hal ini adalah dakwah diera teknologi didukung dengan semakin menjamurnya warung internet yang memasang tarif murah, kemana dan dengan siapapun. Sekarang kita bisa lakukan dakwah dengan mengunakan fasilitas digital bisa melalui radio, televise, telpon seluler, media internet, facebook, atau twiter. Fasilitas tersebut biasa dikenal dengan istilah mailing list, yaitu berkomunikasi atau juga berdakwah yang dilakukan melalui tulisan maupun yang bersifat langsung. Berdakwah melalui media internet, facebook, atau twiter merupakan salah satu media komunikasi yang fenomenal dan canggih lahir di Era 60-an.

Namun, kemajuan teknologi dan informasi, khususnya media televisi,memungkinkan seorang dai untuk berimprofisasi dengan selingan humor dan hal-hal lain, agar materi ceramahnya tetap menarik untuk disimak. Mengingat peran media, khususnya televisi memang tidak bisa dilepaskan dari wahana hiburan. Dampaknya, orientasi dakwah yang diperankan para dai, juga semakin berkembang, bahkan cenderung menjadi bias. Pola berdakwah melalui media sebagai wujud kemajuan teknologi menjadi tantangan bagi tersendiri bagi seseorang dai. Pengaruh media, memungkinkan seorang daI memperoleh popularitas dimata pemirsanya seperti layaknya seorang selebriti (publik figur) dan tidak menutup kemungkinan pula setiap kegiatan dakwahnya, sering dinilai dengan materi.

Kata Kunci : Karakteristik, Popularitas, Materi, Tantangan Dakwah

Full Text: PDF (Bahasa Indonesia)

DOI: 10.21043/at-tabsyir.v1i1.454

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.