Open Journal Systems

KETERBUKAAN DAKWAHTAINMENT SEBAGAI MEDIA DAKWAH

Nur Ahmad

Abstract

Abstrak

Selama periode reformasi dan demokrasi, Indonesia mengalami keterbukaan dibidang media, bahkan sebagian berargumentasi sudah sampai pada tahap Kebablasan kebebasan. Salah satu produk dari transformasi ini adalah bertaburannya program-program dakwahtainment ini yang pada hakekatnya menggabungkan antara Tuntunan dan Tontonan, sebagai landasan opreasional mereka demi keuntungan melalui komodifikasi agama. Pemanfaatan teknologi dalam pemenuhan kebutuhan spiritual masyarakat Indonesia terus mengalami perkembangan akan eksistensinya sebagai konsekwensi modernisasi zaman. Dakwahtainment sebagai model dakwah di televisi merupakan salah satu warna dari perkembangan media dakwah melalui pemanfaatan teknologi.

Sebagai salah satu metode dakwah yang cukup strategis, dakwahtainment sangat membantu dalam proses proses pembangunan spiritual sebagian kalangan masyarakat kita. Sebuah hal yang dilematis dari program dakwahtainment ketika kemasan dari metode dakwah dengan entertainment ini kerap mengundang persepsi masyarakat yang tanpa disadari mengkerdilkan nilai-nilai agama Islam.

Kata Kunci : Dakwahtainment, Teknologi, Perspektif Islam

Full Text: PDF (Bahasa Indonesia)

DOI: 10.21043/at-tabsyir.v2i1.466

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.