Open Journal Systems

KOMUNIKASI SEBAGAI PROSES INTERAKSI DAN PERUBAHAN SOSIAL DALAM DAKWAH

Nur Ahmad

Abstract

Apabila ada yang ingin mengetahui apa tujuan dan bagaimana peran komunikasi dakwah, maka dalam artikel ini akan mencoba untuk memaparkan bagaimana komunikasi bisa menjadi proses interaksi dan perubahan social. Bahwa sebenarnya bentuk dari tujuan komunikasi tidak hanya menciptakan dan memupuk hubungan dengan orang lain akan tetapi lebih banyak lagi segi-segi pembahasan dalam komunikasi dakwah. Secara sederhana komunikasi dapat dikatakan sebagai proses interaksi maupun proses perubahan social yang lebih baik, dan pada prinsipnya melalui kegiatan komunikasi dakwah yang kita bangun diharapkan mampu memunculkan proses interkasi maupun perubahan sosial bagi masyarakat dakwah. Sejalan dengan perkembangan ilmu komunikasi yang dibangun maka, komunikasi juga akan memiliki dimensi-dimensi yang beragam diantaranya, komunikasi sebagai interaksi social dan komunikasi sebagai perubahan Sosial. Dakwah sering dipahami sebagai upaya untuk memberikan solusi Islam terhadap berbagai masalah dalam kehidupan. Untuk itu dakwah harus dikemas dengan cara yang menarik dan tampil secara aktual, faktual dan kontekstual.

Kata Kunci : Komunikasi Dakwah, Interaksi Sosial, Perubahan Dakwah

Full Text: PDF (Bahasa Indonesia)

DOI: 10.21043/at-tabsyir.v2i2.506

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.