Open Journal Systems

MODEL KOMUNIKASI PENYULUH AGAMA DALAM MENJAGA KERUKUNAN UMAT BERAGAMA (STUDI DI DESA RAHTAWU, KECAMATAN GEBOG, KABUPATEN KUDUS)

Moh Anwar Yasfin

Abstract

Negara Indonesia ini merupakan negara besar dengan beragama kekayaan dan keragaman. Salah satu kekayaan yang tak bisa dinilai adalah kerukunan dan kedamaian, meski berbeda agama dan keyakinan. Fakta kedamaian ini hendaknya terus dirawat dan dijaga, agar berbedaan agama tidak menjadi konflik dan membuat disintegrasi bangsa. Salah satu upaya yang telah dilakukan Kementerian Agama adalah adanya peran penyuluh agama di wilayah masing-masing. Tidak lain penyuluh agama inilah yang bertugas sebagai garda terdepan dalam melakukan bimbingan dan penyuluhan terhadap problem masyarakat yang dialami. Lebih-lebih tugas ini adalah sebagai upaya untuk terus merawat kedamaian dan kerukunan antar umat beragama. Penelitian ini fokus pada bagaimana komunikasi yang dilakukan penyuluh agama di desa Rahtawu kecamatan Gebog Kabupaten Kudus untuk melakukan bimbingan dan penyuluhan ke masyarakat. Hasilnya, model komunikasi dan bimbingan yang dilakukan adalah melalui metode ceramah, diskusi, dan melalui kegiatan diskusi bareng lintas agama. Kegiatan penyuluhan ini juga tak sepi dari tantangan yang ada. Medan serta lokasi desa Rahtawu berada di pegunungan, dan jauh dari kota kecamatan, sehingga akses menuju lokasi menjadi kendala. Masyarakat juga masih banyak yang belum memahami terhadap penyuluh agama akan tugas dan fungsi dari penyuluh agama, sehingga masyarakat belum optimal dalam hasil bimbingan dan penyuluhan .

Keywords


Model Komunikasi, Penyuluh Agama, Kerukunan

References


Al Munawir, Said Agil Husin & Abdul Halim, Fikih Hubungan Antar Agama, Jakarta, Ciputat Press, 2005

Ali, Mursyid, Pemetaan Kerukunan Kehidupan Beragama di Berbagai Daerah di Indonesia, Puslitbang Kehidupan Keagamaan, Jakarta, 2009.

Aminuddin dkk, Pendidikan Agama Islam, Bogor, Ghalia Indonesia, 2014

Asyafah, Abbas, Internalisasi Nilai Toleransi, ikhtiar Pengokohan Kerukunan Umat Beragama dalam Perspektif Islam, Jurnal Penelitian Agama dan Masyarakat 2011No. 3 Vol. XXIV

Faizah & Lalu Muchsin Effendi, Psikologi Dakwah, Jakarta, Kencana, 2006

Ismail, Faisal, Republik Bhinneka Tunggal Ika,Puslitbang Kehidupan Keagamaan dan Diklat Kementerian Agama, Jakarta, 2012.

Jamaruddin, Ade, Membangun Tasamuh Keberagamaan dalam Perspektif Al-Qur’an, Jurnal Media Komunikasi umat Beragama, 2016, No. 8 Vol. VIII

Naim, Ngainun, Teologi Kerukunan Mencari Titik Temu Dalam Keragaman, Yogyakarta, SUKSES Offset, 2011

Naim, Ngainun, Dasar-Dasar Komunikasi Pendidikan, Yogyajarta, Arruz Media 2011

Rahim Faqih, Aunur, Bimbingan dan Konseling dalam Islam,Pusat Peerbitan UII Press Yogyakarta,Yogyakarta, 2001

Romly, Penyuluhan Agama Menghadapi Tantangan Baru, Jakarta, PT. Bina Pariwara, 2001

Saputra, Wahidin, Pengantar Ilmu Dakwah, Jakarta, Rajawali Pers, , 2012

Zainal Arifin, Isep,Bimbingan Penyuluhan Islam, Jakarta, PT Rajagrafindo Persada, 2009.


Full Text: PDF

DOI: 10.21043/at-tabsyir.v6i1.5597

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.