Open Journal Systems

PIDATO PRESIDEN SOEKARNO TAHUN 1958-1966 (Kajian Analisis Isi Perspektif Komunikasi Islam)

I Made Oka Merta Jayano, Abdul Karim Batubara

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan prinsip-prinsip komunikasi Islami yang ada dalam pidato presiden Soekarno, tema-tema keagamaan (Islam) yang ditonjolkan dan konsistensi isi pidato-pidato presiden Soekarno dalam mengkomunikasikan pesan-pesan keagamaan; yang pembahasannya ditelaah dengan menggunakan metode analisis isi (content analysis). Data diperoleh dari koleksi buku seri pemikiran  Bung Karno yang  diterbitkan oleh PT. Gramedia Widiasarana Indonesia atau Grasindo, Jakarta yang dipilih secara purposif, yaitu buku Bung Karno dan Wacana Islam yang segmentasi pasarnya sama-sama secara umum namun tentu saja visi dan misi yang diemban setiap buku berbeda satu dengan lainnya yang juga akan mempengaruhi konten berita atau pesannya. Penelitian dilakukan selama tiga bulan ( Desember hingga maret) dengan menggunakan sampel probabilitas untuk menentukan peluang yang sama terhadap semua pidato, maka terpilihlah judul-judul pidato yang akan diteliti dari tahun 1958-1966 sehingga sampel penelitian ini adalah total berjumlah 26 judul pidato. Dengan terlebih dahulu melakukan koding terhadap prinsip-prinsip komunikasi Islami dari keduapuluhenam judul pidato sepanjang tahun 1958-1966 oleh presiden Soekarno yang dijadikan sampel penelitian diperoleh hasil 26 judul pidato yang menggunakan prinsip komunikasi Islam yang pertama yaitu memulai pembicaraan dengan salam yaitu ucapan assalamu’alaikum warahmatullah wabarakattu. Dari tema-tema keagamaan yang diteliti ditemukan penonjolan tema: Islam adalah agama kehidupan dan perjuangan, Islam adalah agama yang menuju kepada hati dan otak, Islam adalah agama perbuatan, Islam, agama yang toleran, Islam harus mengadakan perjuangan habis-habisan terhadap imperialisme, kolonialisme, dan neokolonialisme; Islam , agama yang mempersatukan Tuhan dengan manusia; Islam, agama amal. Konsistensi pidato cenderung positif dan konstan dalam mengkomunikasikan pesan-pesan keagamaan (Islam). Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa kendati tidak semua prinsip komunikasi Islam dapat diterapkan, tetapi secara umum tidak sedikit prinsip komunikasi Islam yang telah dipraktikkan. Terkait dengan isi pesan komunikasi Islami presiden Soekarno yang ingin mewujudkan masyarakat yang adil, makmur, sejahtera lahir batin serta membentuk dunia baru yang bebas dari segala bentuk penindasan dan penghisapan manusia atas manusia yang senafas dan sebangun dengan ajaran Islam.impian itu tampaknya masih diliputi mendung yang tebal.

Keywords


Komunikasi Islami, Pidato Soekarno, Kolonialisme, Pesan Keagamaan Islam

References


Adam, A. W. (2012). Menyingkap Tirai Sejarah Bung Karno dan Kemeja Arrow. Jakarta: PT. Kompas Media Nusantara.

Bouteflika, A. A. (2001). Presiden Republik Rakyat Demokratik Aljazair, Bung-Karno Kenangan 100 Tahun Bung Karno, Iman Toto K. Rahardjo dan Hardianto WK. Jakarta: Grasindo PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.

Effendy, U. O. (1984). Ilmu Komunikasi: Teori dan Praktek. Bandung: Remadja Karya.

Ghani, A., & Zulkiple. (2001). Islam, Komunikasi Teori dan Teknologi Maklumat. Kuala Lumpur: Dasar Cetak SHD BDN.

Handoko, H. T. (1984). Manajemen Edisi 2 (2nd ed.). Jakarta: BPFE.

Kholil, S. (2006). Metodologi Penelitian Komunikasi. Bandung: Ciptapustaka Media.

Latif, Y. (2011). Negara Paripurna. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Lubis, M. R. (2011). Soekarno dan Modernisme Islam.

Moleong, J. L. (1995). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remadja Rosdakarya.

Poerwadarminta, W. J. . (2006). Kamus Umum Bahasa Indonesia (ketiga). Jakarta: Balai Pustaka.

PS, C. W. H. (2012, November). Gelar Pahlawan Nasional, Menghapus Stigma Negatif Bung Karno. Kompas.

Raharjo, I. T. K., & WK, H. (2001). Bung Karno dan Wacana Islam. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.

Rina. (1993). KaedahPenyelidikan Komunikasi dan Sains Sosial. Kuala Lumpur.

Shihab, Q. M. (2009). Membumikan” Al-Qur’an: Fungsi dan Peran Wahyu Dalam Kehidupan Masyarakat. Bandung: PT. Mizan Pustaka.

Wok, S. (2004). PT. Gramedia Widiasarana Indonesia. Kuala Lumpur: PTS Publications & Distributors SDN BHD.

Zainuddin, R. A. (1993). Komunikasi Politik Indonesia: Barat Islam dan Pancasila,Komunikasi Politik. Jakarta: AIPI & Gramedia Pustaka Utama.


Full Text: PDF (Bahasa Indonesia)

DOI: 10.21043/at-tabsyir.v6i2.6550

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.