Open Journal Systems

Pemanfaatan Instagram Sebagai media Dakwah Bagi mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam UIN Raden Intan Lampung

Yosieana Duli Deslima

Abstract

 

Instagram merupakan salah satu media yang dimanfaatkan mahasiswa KPI untuk menyampaikan pesan dakwah kepada khalayak dan sebagai akses pesan dakwah bagi mahasiswa agar mempermudah dakwah yang di terima oleh mad’u. Permasalahannya adalah dakwah merupakan tugas bagi setiap umat muslim yang dalam menjalaninya tidaklah semudah yang dibayangkan, karena begitu banyak persoalan dan tantangan yang harus dihadapi dilapangan. Oleh karena itu dakwah Islam harus fleksibel, mampu mengikuti perkembangan zaman, perkembangan umat dan budaya umat, harus dikemas dengan menarik. Ketika melihat situasi dan kondisi mahasiswa, ternyata Instagram begitu akrab dengan aktivitas keseharian mahasiswa, bahkan tak sedikit yang setiap harinya pasti membuka Instagram, dari sini Da’i memanfaatkan Instagram sebagai media dakwah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sampel penelitian ini adalah Mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam UIN Raden Intan Lampung yang menggunakan Instagram dan mengakses pesan dakwah di Instagram. Hasil penelitian diketahui bahwa : Instagram memberikan banyak sekali manfaat sebagai media dakwah. Dalam memanfaatkan Instagram sebagai media dakwah bagi mahasiswa KPI, terdapat 2 macam bentuk pemanfaatan; 1) Pemanfaatan Instagram sebagai media komunikasi, 2) Pemanfaatan Instagram sebagai media dakwah. Kesimpulannya, Instagram dapat dikatakan efektif sebagai media dakwah, jika digunakan dengan baik sesuai syariat Islam. Secara keseluruhan dakwah di Instagram yang merupakan dakwah milenial mampu menciptakan dakwah yang innovatif yang mampu menarik perhatian followers untuk membagikan ke media sosial yang mereka miliki.

Keywords


Instagram, Media Sosial, Dakwah

References


Amin, Samsul Munir. 2013. Ilmu Dakwah. Jakarta: Amzah.

Atmoko, Bambang Dwi. 2012. Instagram Hanbook. Jakarta: Media Kita.

Aziz, Moh. Ali.004. Ilmu Dakwah. Jakarta: Kencana.

Enjang dan Aliyudin. 2009. Dasar-Dasar Ilmu Dakwah. Bandung: Widya Padjadjaran.

Faizah, Muchsin Effandi. 2006. Psikologi Dakwah. Jakarta: Kencana.

Fakhruroji, Moch. 2007. Dakwah Di Era Media Baru. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Ilaihi, Wahyu. 2010. Komunikasi Dakwah. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mustan, Zulkifli. 2005. Ilmu Dakwah. Makassar: Pustaka Al-Zikra.

Rohmadi, Arif. 2016. Tiga Produktif Ber-Sosial Media. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Suparta Munzien, Aefni Harjani. 2009. Metode Dakwah. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Syukur, Asmuni. 1983. Dasar-Dasar Strategi Islam. Surabaya: Al-Ikhlas.

Taufik, M. Tata. 2013. Dakwah Di Era Digital: Seri Komunikasi Islam. Pustaka Al-Ikhlas.

Usman, Fadly. 2016. “Efektivitas Penggunaan Media Online Sebagai Sarana Dakwah.” Jurnal Ekonomi Dan Dakwah Islam (Al-Tsiqoh).

Zaidan, Abdul Karim. 1983. Dasar-Dasar Ilmu Dakwah. Jakarta: Media dakwah.


Full Text: PDF (Bahasa Indonesia)

DOI: 10.21043/at-tabsyir.v7i1.7151

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.