Flashcards in Language Area of Early Childhood Education

Taranindya Zulhi Amalia

Abstract


Flashcards menjadi hal yang sifatnya sederhana, mudah digenggam, dan fleksibel digunakan dalam momen apapun. Rata-rata orang menggunakan/memainkan kartu di tempat-tempat seperti di rumah, sekolah, kantor dalam waktu senggang termasuk di arena gamling. Saat ini, kartu
tak hanya ditemukan dalam wujud nyata namun juga abstrak seperti yang digunakan dalam game komputer, seperti FreeCell, Hearts, Solitaire etc.
Istilah ‘Flash cards’ yang telah booming dengan variasi jenisnya disebabkan oleh kecepatan pergerakannya, secepat kilat. Disekolah, baik di dalam maupun diluar ruangan, para guru mempersiapkan flashcards sebagai media penunjang pembelajaran. Namun kini beberapa Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) menerapkan flashcards untuk mengundang perhatian murid-murid dari toddlers hingga Taman Kanak-kanak (TK). Disini guru-guru tersebut menggunakannya pada area bahasa. Tujuannya adalah agar murid-murid PAUD dapat mempelajari kosakata bahasa yang sederhana dalam rangka meraih kompetensi komunikatif secara lisan.

Keywords


area bahasa, flash cards, PAUD

Full Text:

PDF

References


Act Number 20 Year 2003 on Education System.

A. U. Fakhruddin. 2012. Sukses menjadi Guru

Panduan-panduan Pengembangan Praktisnya. Jogjakarta: Bening.

Budden, Joanna. 2004. Using Flash Cards with Young Learners. http://www.teachingenglish.org.uk /talk/contact.shtml.

Harmer, J. 2001. The Practice of English Language Teaching (3rd Edition). Harlow: Longman.

Hasan, Maimunah. 2012. Pendidikan Anak Usia Dini, Jogyakarta: DIVhttp://abcfrog.net [25 March 2014]

http://amazon.co.uk [25 March 2014]

http://customizedplayingcards.com [25 March 2014]

http://englishforkidz-step-by-step.blogspot.com [25 March 2014]

http://homeschoolcreations.net [25 March 2014]

http://mybitofearth.net [25 March 2014]

http://pinterest.com [25 March 2014]

http://shutterstock.com[25 March 2014]

http://stemcellforautism.com [25 March 2014]

http://themesforfun.com [25 March 2014]

Hornby, A. S. 1995. Advanced Learner’s Oxford Dictionary. Oxford: Oxford University Press.

http://www.eHughes, Rebecca. 2002. Teaching and Researching Speaking. Harlow: Pearson Education.

Ministry of Education and Culture, Ministerial Decree Number 58 Year 2009 Standards of Early Childhood Care and Education (ECCE).

R. Moeslichatoen. 1999. Metode Pengajaran di Taman kanak-Kanak, Jakarta: Rineka Cipta.

Scott and Yteberg. 1993. Teaching English to Children. New York: Longman.

Uberman, A. 1998. The Use of Games for Vocabulary, Presentation, and Revision. English Teaching. Forum: 36 (01): 24.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/thufula.v2i1.1424

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed By:

http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/moraref.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/sinta.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/googlescholar.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/mende.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/academiaedu.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/citeulike.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/21.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/issuu.jpg