Implementasi Model Pembelajaran Dengan Menggunakan Pendekatan Sentra Pada Kelompok Belajar Naneymi Alam Muria Kudus

Muhammad Noor Sulaiman Syah

Abstract


Abstract: The first six years in childhood is called golden period. This period is crucial for the child growth and development in intellectual, spiritual, phisical and motorical, emotional and social aspect.the growth and the development could be supported by providing education stimulus. Those education could make children learn joyfully which applied playing essense because playing is the children’s life in pre-school age. One of the learning method could be applied for teaching early childhood is by using ‘Beyond Centers and Circle Time’ approach. It’s like what have been applied by the playgroup of Naneymi Alam Muria Kudus. By deviding centers into four; preparation center, beam center, fluid-nature center, and creativity center; teacher could hep children to develop their various intelligent and development aspects. Center is the best integrated learning. This approach is proved very effective used in early childhood learning.

 

Abstrak: Periode enam tahun pertama dalam kehidupan anak disebut dengan masa keemasan (golden period). Masa ini adalah masa yang paling penting dalam pertumbuhan dan perkembangan anak dalam segi intelektual, spiritual, fisik motorik, emosional dan sosial. Pertumbuhan dan perkembangan tersebut dapat didukung oleh pemberian rangsangan pendidikan. Pendidikan tersebut mampu untuk membuat anak usia dini belajar dengan menyenangkan yang menerapkan esensi bermain karena bermain merupakan dunia anak usia prasekolah. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan untuk mengajar anak usia dini adalah dengan menggunakan pendekatan sentra (Beyond Centers and Circle Time) seperti yang dilakukan pada kelompok bermain (KB) Naneymi Alam Muria Kudus. Dengan membagi sentra menjadi empat macam; yakni sentra persiapan, sentra balok, sentra alam cair, dan sentra kreativitas; guru dapat membantu anak untuk mengembangkan berbagai aspek perkembangan dan kecerdasannya. Sentra adalah pembelajaran terpadu yang terbaik. Pendekatan ini terbukti sangat efektif digunakan dalam pembelajaran anak usia dini.


Keywords


Pendidikan Anak Usia Dini, Bermain, Pendekatan Sentra (Beyond Centers And Circle Time)

References


DAFTAR PUSTAKA

Kemdikbud. 2013. Petunjuk Teknis Penyelenggaraan Pos PAUD. Jakarta: Kemdikbud.

Mulyadi. 2004. Bermain dan Kreativitas, Upaya Mengembangkan Kreativitas Anak Melalui Kegiatan Bermain. Jakarta: Papas Sinar Sinanti.

Noorlaila, Iva. 2010. Panduan Lengkap Menagajar PAUD. Yogyakarta: Pinus Book Publisher.

Poerwadarminta, WJS. 1986. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Rahman, Hibana S. 2002. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: PGTKI Press.

Semiawan, Conny. 2007. Belajardan Pembelajaran dalam Taraf Usia Dini; Pendidikan Prasekolah dan Sekolah Dasar. Jakarta: Prenhallindo.

Simandjuntak, B. 1984. Pengantar psikologi perkembangan. Bandung: Tarsito.

Sujiono, Yuliani N. 2009. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Macanan Jaya Cemerlang.

Tedjasaputra, Mayke S. 2001. Bermain, Mainan, dan Permainan untuk Pendidikan Usia Dini. Jakarta: Grasindo.

Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 Bab I Pasal 1 Ayat 14 Tentang Sisdiknas. Jakarta: Sinar Grafika.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/thufula.v4i1.1967

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

  http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/17.jpg http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/19.jpg

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional