Strategi Pembelajaran Multiple Intelligences di TK/RA Ponoroho

Evi Muafiah

Abstract


Usia dini merupakan masa peletak dasar bagi pertumbuhan dan perkembangan selanjutnya. Situasi dan kondisi yang kondusif sangat dibutuhkan anak usia dini. Salah satu caranya adalah dengan menerapkan strategi pembelajaran Multiple Intelligences yang mengakui bahwa setiap anak mempunyai kecerdasan yang berbeda. Penelitian ini mengungkapkan tentang (1) penerapan strategi pembelajaran Multiple Intelligences di TK/RA Ponorogo, (2) kendala yang dihadapi saat menerapkan strategi tersebut dan (3) solusi yang digunakan untuk mengatasi kendala yang mereka hadapi. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Sumber data diperoleh dari para guru TK/RA melalui wawancara mendalam, observasi partisipan dan dokumentasi. Analisis dilakukan melalui reduksi, displai, dan verifikasi data. Hasil penelitian: (1) Strategi pembelajaran Multiple Intelligences dilaksanakan melalui model semi sentra dan kelompok murni. (2) Kendala yang dihadapi adalah ruangan yang kurang banyak, jumlah guru yang tidak seimbang dan guru yang kurang kreatif. (3) Solusinya adalah dengan menyesuaikan tema yang sedang dilaksanakan melalui model pembelajaran non sentra.

Keywords


strategi pembelajaran, kecerdasan jamak

References


Agus Effendi, Revolusi Kecerdasan Abad 21, Bandung: Alfabeta, 2005.

Danah Zohar, SQ: Kecerdasan Spiritual, terj. Rahmani Astuti, Bandung: Mizan Pustaka, 2007.

Evangeline Harris Stefanakis, Multiple Intelligences and Portofolios: A Window Into The Learner’s Mind, Porstmouth: Heinemann, 2002.

Imam Haromain dkk., Pedoman dan Implementasi Pengembangan KTSP RA/BA/TA¸ Surabaya: Departemen Agama Jawa Timur, 2009.

Mariyana, Nugraha dan Rahmawati, Pengelolaan Lingkungan Belajar, Jakarta: Kencana Perdana Media Group, 2010.

Maryam Halim dkk, Kurikulum PAUD Formal dan Non Formal Muslimat NU, Jakarta: Yayasan Pendidikan Muslimat NU Bina Bhakti Wanita Pusat, 2007.

May Lwin dkk., How to Multiply Your Child’s Intelligence: Cara Mengembangkan Berbagai Komponen Kecerdasan, Terj. Christine Sujana, Jakarta: Indeks, 2008.

Munif Chatib, Sekolahnya Manusia; Sekolah Berbasis Multiple Intelligences di Indonesia, Bandung: Kaifa, 2013.

Paul Supamo, Teori Inteligensi Ganda dan Aplikasinya di Sekolah: Cara Menerapkan Teori Multiple Intelligences Howard Gardner, Yogyakarta: Kanisius, 2008.

Saifuddin Azwar, Pengantar Psikologi Intelligensi, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1996.

Thomas Amstrong, Setiap Anak Cerdas: Panduan Membantu Anak Belajar dengan Memanfaatkan Multiple Intelligencenya, terj. Rina Buntaran, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2005.

Tim Pembinaan TK dan SD, Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak Taman Kanak-kanak, Jakarta: Direktorat Pembinaan TK dan SD Dirjen Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan Nasioanl, 2010.

Tirtaraharja dan La Sulo, Pengantar Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta, 2005.

Yuliani Nurani dan Bambang Sujiono, Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak, Jakarta: Indeks, 2010.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/thufula.v4i1.1977

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

  http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/17.jpg http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/19.jpg

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional