Penggunaan Alat Permainan Edukatif (APE) dalam Pembelajaran Bahasa Inggris di Raudhatul Athfal sebagai Upaya Mengembangkan Kecerdasan Anak

Anisah Setyaningrum

Abstract


Pembelajaran bahasa Inggris di Indonesia mulai diterapkan di lembaga pendidikan anak usia dini sejak tahun 1990an. Salah satu lembaga pendidikan anak usia dini yang mengajarkan bahasa Inggris kepada peserta didiknya adalah Raudhatul Athfal. Ada berbagai metode yang dapat digunakan dalam mengajarkan bahasa Inggris kepada anak usia dini. Artikel ini berupaya membahas tentang penggunaan Alat Permainan Edukatif (APE) dalam pembelajaran bahasa Inggris sebagai upaya mengembangkan kecerdasan anak. Dengan menggunakan Alat Permainan Edukatif (APE) proses pengenalan bahasa Inggris dapat diserap dengan lebih mudah oleh peserta didik dan hal ini sekaligus dapat dijadikan sebagai upaya dalam mengembangkan kecerdasan anak. Khususnya dalam aspek kebahasaan, yaitu dalam menanamkan bekal penguasaan bahasa Inggris kepada anak usia dini.

Keywords


pembelajaran bahasa Inggris, raudhatul athfal, alat permainan edukatif, pengembangan kecerdasan anak

References


Andriani, Rini. 2014. Merancang Berbagai Jenis Permainan dan Alat Permainan Edukatif. (Online). Diakses dari http://www.membumikanpendidikan.com /2014/10/merancang-berbagai-jenis-permainan-dan.html pada tanggal 20 September 2016 pukul 9.20 WIB.

Asnawir & Usman, Basyiruddin. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: Ciputat Pers.

Aqib, Zainal. 2011. Pedoman Teknis Penyelenggaraan PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini). Bandung: Nuansa Aulia.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Khobir, Abdul. 2009. Upaya Mendidik Anak Melalui Permainan Edukatif. Forum Tarbiyah Vol. 7, No. 2 Desember. Pekalongan: Jurusan Tarbiyah STAIN Pekalongan.

Maghfiroh, Lilis. 2015. Hubungan Peran Orang Tua dengan Pemilihan Alat Permianan Edukatif pada Anak Usia Pra Sekolah di Dusun Kakat Desa Kakat Penjalin Kecamatan Ngimbang Kabupaten Lamongan. Jurnal Surya Vol. 07, No. 01, April. Lamongan: Program Studi Ilmu Keperawatan STIKES Muhammadiyah.

Maulidiyah, Hidayatul. 2014. Bahasa Inggris untuk Taman Kanak Kanak; Silabus, Panduan untuk Guru beserta Materi Instruksional dalam CD. Malang: Universitas Negeri Malang.

Maulidah, Nurul dan Santoso, Agus. Permainan Konstruktif Untuk Meningkatkan Kemampuan Multiple Intelligence (Visual-Spasial Dan Interpersonal). Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam Vol. 02, No. 01, 2012. Hlm. 27 – 47. Surabaya: IAIN Sunan Ampel Surabaya.

Noveradila, Shinta. T.t. Alat Permainan Edukatif untuk Meningkatkan Kecerdasan Logika-Matematika Anak Usia Dini. Jurnal Tingkat Sarjana Senirupa dan Desain. Bandung: Program Studi Sarjana Desain Produk Fakultas Seni Rupa dan Desain ITB.

Sanaky, Hujair AH. 2013. Media Pembelajaran Interaktif-Inovatif. Yogyakarta: Kaukaba Dipantara.

Sari, Lucie Permana. 2007. Thesis. Pengaruh Alat Permainan Edukatif Terhadap Perkembangan Motorik Anak Pada Taman Penitipan Anak. Medan: Departemen Ilmu Kesehatan Anak Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara.

Sudjana, Nana dan Rivai, Ahmad. 1991. Media Pengajaran (Penggunaan dan Pembuatannya), Bandung: Sinar Baru.

Sulaiman, Umar. 2014. Mengidentifikasi Kecerdasan Anak. Jurnal Al-Riwayah, Volume 7 Nomor 2, Agustus, hlm. 131-136. Sorong: STAIN Sorong.

Suyadi. 2011. Manajemen PAUD TPA-KB-TK/RA; Mendirikan, Mengelola, dan Mengembangkan PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suyanto, Kasihani, K.E. 2014. English for Young Learners. Jakarta: Bumi Aksara.

Surtikanti. 2011. Media Dan Sumber Belajar Untuk Anak Usia Dini. Surakarta: Qinant.

Zubaidah, Enny. 2012. Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/thufula.v4i2.2015

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed By:

http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/moraref.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/sinta.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/ipi.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/googlescholar.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/globethics.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/mende.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/academiaedu.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/citeulike.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/universalimpactfactor.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/21.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/iiifactor.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/issuu.jpg