MENGEMBANGKAN KECERDASAN EMOSIONAL MELALUI PENANAMAN NILAI SOSIAL PADA ANAK USIA DINI

Sulthon Sulthon

Abstract


Anak usia dini adalah anak yang baru tumbuh dan kembang lebih pesat dalam segala hal, baik dalam pertumbuhan fisiknya maupun dalam perkembangan mentalnya. Pada masa ini anak memiliki potensi yang sangat baik dalam hal merespon stimulus yang didapat dari lingkungannya, hal ini karena anak usia dini berada dalam masa emas perkembangan. Dengan demikian membangun kecerdasan emosional anak pada masa ini sangat penting karena anak sangat peka dan berpotensi menjadi lebih baik sesuai dengan pembinaan dan pendidikan yang didapatkan dari lingkungan atau keluarganya. Penanaman nilai-nilai sosial berkaitan erat dengan baigaimana menanamkan anak agar peka dengan kehidupan orang lain atau dapat bersikap dan berperilaku sesuai dengan nilai, norma, dan etika dalam kehidupan sosial yang terbentuk dari bagaimana seseorang memahami emosi diri, mengelola, memotivasi diri, dan memahami emosi orang lain serta berempati terhadap kehidupan orang lain.

Keywords


Kecerdasan Emosi, Nilai Sosial, Anak Usia Dini

References


Amalia Sawitri Wahyuningshubungaih. 2004. Hubungan Kecerdasan Emosional dengan Prestasi Belajar pada siswa Kelas II SMU School Jakarta Timur, Skripsi, Fakultas Psikologi Universitas Persada Indonesia YAI.

Dalyono. 2001. Psikologi Pendidikan, Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Goleman, Daniel. 1995. Emotional Intelligence, terj. T Hermaya. Jakarta: PT. Gramedia.

_____________, 2000. Working With Emotional Intelligence (terj). Jakarat: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Khairuddin. 1997. Sosiologi Keluarga, Yogyakarta: Liberty.

Laras Tria Ambar Suksesi Edwardin. 2006. Analisis Pengaruh Kompetensi Komunikasi, Kecerdasan Emosional, dan Budaya Organisasi terhadap Kinerja Karyawan, Tesis, Pascasarjana, Universitas Diponegoro , Semarang.

Lis Rahmawati. 2012. Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosi, dan Kecerdasan Spiritual terhadap Kinerja Karyawan, Majalah Ilmiah Informatika Vol.3 No. ! Januari 2012.

M. Hariwijaya. 2006. Tes EQ Metode Terbaru dalam Penerimaan Pegawai BUMN dan Kayawan, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Mulyasa, 2014. Manajemen PAUD, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sjarkawi. 2011. Pembentukan Kepribadian Anak, Jakarta: Bumi Aksara.

St. Vembriarto. (1993) Sosiologi Pendidikan, jakarta: PT. Grasindo.

Sudarna. 2014. Pendidikan Anak Usia Dini Berkarakter, Yogyakarta: Genius.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/thufula.v4i2.2193

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Indexed By:

http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/moraref.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/sinta.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/ipi.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/googlescholar.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/globethics.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/mende.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/academiaedu.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/citeulike.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/universalimpactfactor.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/21.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/iiifactor.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/issuu.jpg