PENDIDIKAN KARAKTER (CHARACTER BUILDING) MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN ANAK USIA DINI

Faria Krisdaniastutik, Nur Hadi

Abstract


Sektor pendidikan yang paling dasar dalam pembentukan pribadi sumber daya manusia (SDM) di Indonesia, adalah melalui program Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Salah satu periode yang menjadi ciri masa usia dini adalah the Golden Age atau periode keemasan, dimana pada masa ini semua potensi anak berkembang dengan sangat cepat. Salah satu cara untuk mengembangkan potensi anak usia dini adalah dengan bermain. Sebagaimana slogan pendidikan anak usia dini yang berbunyi “Belajar sambil bermain, bermain seraya belajar”. Ini menjadi dasar bahwa bermain adalah salah satu cara mengeksplorasi potensi yang ada dalam diri anak. Salah satu jenis permainan yang dapat digunakan oleh anak usia dini adalah permainan tradisional. Permainan tradisonal membentuk karakter anak dalam kejujuran, sportivitas, kegigihan dan kegotong-royongan. Dengan permainan tradisional anak mampu mengembangkan keterampilan dan kecerdasan mereka.

Keywords


Pendidikan Karakter, Kecerdasan Anak Usia Dini, Permainan Tradisional.

References


Al-Ghozali, Imam. Ihya’ Ulum al-Din. Juz III. Beirut: Dar Al-Fikr. Tt.

Andriani, Tuti. 2012. Permainan Tradisional dalam Membentuk Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Sosial Budaya. Vol. 9 No. 1 Januari-Juli 2012. Riau: UIN Sultan Syarif Kasim Riau.

Arismantoro. 2008. Tinjauan Berbagai Aspek Character Building; Bagaimana Mendidik Anak Berkarakter. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Corsini, Raymond J.. 1994. Encyclopedia of Psichology. United State America: Intercience Publication.

Departemen Pendidikan Nasional. Direktorat jenderal Pendidikan Luar Sekolah. Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini. 2006. Pedoman Teknis Penyelenggaraan Pos PAUD.

Koesoema, Doni. 2007. Pendidikan Karakter; Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Jakarta: Grasindo.

Fajri, Em Zul dan Ratu Aprilia Senja. 2003. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Jakarta. Dhifa Publisher

Hartati, Sofia. 2005. Perekembangan Belajar Pada Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Dirjen Dikti Direktorat Pembinaan Tenaga Pendidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi.

Hernowo. 2004. Self Digesting: Alat Menjelajahi dan Mengurai Diri. Bandung. Mizan Media Utama.

Matta, M. Anis. 2006 .Membentuk Karakter Cara Islam. Jakarta: Al-I’tishom Cahaya Umat.

Mansur. 2007. Pendidikan Anak Usia Dini dalam Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sudaryanti. 2012. Pentingnya Pendidikan Karakter Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak. Volume 1 Edisi 1, Juni 2012. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Suyanto, Slamet. 2005. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Depdikbud.

UU Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/thufula.v4i2.2196

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Indexed By:

http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/moraref.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/sinta.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/ipi.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/googlescholar.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/globethics.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/mende.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/academiaedu.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/citeulike.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/universalimpactfactor.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/21.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/iiifactor.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/issuu.jpg