POLA ASUH ORANG TUA DAN METODE PENGASUHAN DALAM MEMBENTUK KEPRIBADIAN ANAK

Qurrotu Ayun

Abstract


Kepribadian seorang anak ditentukan oleh  beberapa faktor yaitu faktor genetik dan lingkungan. Orang tua yang merupakan lingkungan yang pertama kali anak temui memberikan konteribusi yang besar dalam membentuk kepribadian seorang anak. Keluarga memiliki   model  pola asuh serta  metode dalam memberikan pendidikan. Terdapat tiga macam pola asuh yang dapat diterapkan orang tua kepada anak, yaitu : pola asuh demokratis, permisif dan otoritas. Pola asuh demokratis memberikan kebebasan kepada anak dengan penuh tanggung jawab, sedangkan Pola asuh otoriter merupakan cara mendidik anak dengan menggunakan kepemimpinan otoriter, yaitu orang tua menentukan semua kebijakan, langkah dan tugas yang harus dijalankan. Pola asuh otoriter mencerminkan sikap orang tua yang bertindak keras dan cenderung diskriminatif . Pola asuh permisif mempunyai ciri orang tua memberikan kebebasan penuh pada anak untuk berbuat sehingga terkadang anak melakukan tindakan yang melawan aturan.  Dalam memberikan pengasuhan kepada anak dibutuhkan beberapa strategi memberikan pendidikan dengan metode keteladanan, pembiasaaan, perhatian, nasehat dan metode hukuman.

Keywords


Pola asuh orang tua, metode pengasuhan dan pendidikan pada anak

References


Alwisol (2007). Psikologi Kepribadian. Malang : UMM Press

Anwar, Rosihon dkk, 2009. Pengantar Studi Islam, Bandung: CV. Pustaka Setia.

Arikunto, Suharsimi, 2006. Prosedur Penelitian: Sebuah Pendekatan Praktik, Jakarta : Penerbit Rineka Cipta.

Corey, G. (1986). Theory and Practice of counseling and psychotherapy, 3rd. California : Brooks/Cole

Dadang Hawari. (1997). Al Qur’an, Ilmu Kedokteran dan Kesehatan Jiwa. Yogyakarta : Dana Bhakti proma Yasa.

Dahlan, Djawad. (2014). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Daradjat, Zakiah, dkk. 2004. Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara.

Erawati, Muna. (2007). Pola Pengasuhan dan pendidikan anak. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Gantina K, dkk. (2014). Teori dan Teknik Konseling. Jakarta : PT Indeks

Hamid & Saebani. 2013. Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Bandung: Pustaka Setia.

Havighurst. (1961). Human Development & Education. New York : David Mckay Co.

Ismail, ed., dkk. 2001. Paradigma Pendidikan Islam. Yogyakarta; Pustaka Pelajar.

Megawangi, Ratna (2003). Pendidikan karakter untuk membangun masyarakat madani.. IPPK Indonesia Herritage Foundation.

Sarwono. (2016). Pengantar Psikologi Umum. Jakarta : PT Rajagrafindo Persada.

Santrock, (2002). Perkembangan Anak Jilid 1. Jakarta : PT Erlangga

Schneider Alexander A. (1964). Personal Adjustment and Mental Health. New York: Winston.

Ulwan, Nashih, 1994. Tarbiyatul Aulad Fil Islam Jilid 2, terj. Drs. Jamaludin, M.Si. Lc., Pendidikan Anak dalam Islam, Jakarta: Pustaka Amani.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/thufula.v5i1.2421

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed By:

http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/moraref.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/sinta.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/ipi.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/googlescholar.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/globethics.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/mende.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/academiaedu.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/citeulike.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/universalimpactfactor.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/21.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/iiifactor.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/issuu.jpg