Media Patung 4 Dimensi Dalam Pembelajaran Mewarnai Untuk Meningkatkan Ketahanan Belajar Dan Kecerdasan Anak Usia Dini

Muh Shofiyuddin, Ana Rahmawati

Abstract


Mengajar anak usia dini, seperti pembelajaran di Roudlotul Athfal harus dilakukan dengan kreatif dan totalitas sebab kondisi psikologi anak masih belum menentu. Pembelajaran AUD lebih banyak dilakukan dengan bermain dan berimajinasi karena kecenderungan mereka suka bermain. Atas dasar itu peneliti melakukan penelitian menggunakan media patung 4 dimensi pada pembelajaran materi warna dan bentuk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektivan patung 4 dimensi sebagai media pembelajaran dapat merangsang semangat ketahanan belajar dan kecerdasan anak. Metode yang digunakan yaitu deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data penelitian ini berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari kondisi peserta didik sebelum treatment menggunakan patung 4 dimensi diketahui bahwa hanya ada 1 peserta didik atau 3% yang memperoleh nilai dengan kategori baik. Sedangkan 97% lainnya mendapatkan nilai dengan kategori cukup dan kurang. Hal itu menunjukkan rendahnya semangat dan kecerdasan siswa dalam pembelajaran. Adapun setelah treatment hasil menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan yaitu 13 peserta didik atau 43% mendapatkan nilai dengan kategori baik dan 67%  lainnya masih dalam kategori cukup dan kurang. Dari hasil tersebut, dapat disimpulakn bahwa pembelajaran AUD dengan mengguanakan media patung 4 dimensi dapat menarik minat peserta didik dan meningkatkan ketahanan dalam belajar serta merangsang kecerdasan mereka.


Keywords


roudlotul athfal; patung 4 dimensi; ketahanan belajar dan kecerdasan

Full Text:

PDF

References


Arsyad, A. 2003. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Bovee, C.1997. Business Communication Today. New york: Prentice Hall.

Danim S., 1995. Media Komunikasi Pendidikan, Pelayanan Profesional Pembelajaran Dan Mutu Hasil Belajar Jakarta; Bumi Aksara.

Depdiknas. 2003. Media Pembelajaran. Jakarta: Depdiknas.

Diah Mariana. (2014). “Puzzle Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa TK Budi Rahayu Yogyakarta”. Skripsi PG PAUD UNY.

Heinich, R. et al. 2002. Instructional media and technology for learning, 7th edition. New Jersey: Prentice Hall, Inc. diakses dengan http://books.google.co.id

Hajar Pamadhi dan Evan Sukardi S. /seni Ketrampilan Anak. Universitas Terbuka (Jakarta: 2010)

Pramita, E.W. 2010. Dahsyatnya Otak Anak Usia Emas. Interprebook. Yogyakarta

Sugiyono. 2008. Penelitian Pendidikan. PT. Rosdakarya. Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/thufula.v6i1.3519

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

  http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/17.jpg http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/19.jpg

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional