Upaya Mengoptimalkan Perkembangan Anak Usia Dini

Farida Farida

Abstract


early childhood cognitive development is still in the pre-operational
environmental needs help to stimulate and provide an opportunity to grow
and develop optimally. That all human beings have the potential to develop
optimally, it takes the efforts of the external environment as well as the spirit of
the internal factors (by understanding the strengths and weaknesses) to meet
the personal needs and social demands. So they fully develop human being to
face the competition in the next phase (teens, adults, parents, and the elderly).
Due to the success of the development at an early age will determine the success
of subsequent developments.


Keywords


early early childhood; optimization; pre-operational environmental needs

Full Text:

PDF

References


Abdul Mujib. 2005. Kepribadian dalam Psikologi Islam. Jakarta. PT.

RajaGrafindo Persada.

Achmad Mubarok. 2002. Konseling Agama: Teori dan Kasus. Jakarta. PT. Bina Rena Pariwara.

Ahmad Syafiul Anam. 2011. Pembentukan Pribadi Islami pada Anak Usia Dini di TK Budi Luhur Demak. Proposal Penelitian Diajukan Guna

Memenuhi Persyaratan Beasiswa Prestasi Akademik STAIN Kudus.

Asep Muhyiddin dan Agus Ahmad Safei. 2002. Metode Pengembangan Dakwah. Bandung. Pustaka Setia.

Baharuddin. 2005. Aktualisasi Psikologi Islami. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.

Binti Maunah. 2009. Landasan Pendidikan. Yogyakarta. TERAS.

Fakih, M., Topatimasang, R. & Rahardjo, T. 2000. Pendidikan Populer

Membangun Kesadaran Kritis. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.

Fatma Laili Khoirun Nida. 2010. Kontribusi Kepribadian dan Dukungan Sosial terhadap Tingkat Kecemasan Istri dalam Menghadapi Perceraian. Jurnal Konseling Religi, Jurusan Dakwah STAIN Kudus, Vol.1, No.2, Juli-Desember.

Fuad Nashori. 2005. Potensi-potensi Manusia (Seri Psikologi Islami).

Yogyakarta. Pustaka Pelajar.

Harefa, A. 2000. Menjadi Manusia Pembelajar. Jakarta. Kompas.

Hernowo. 2005. Mengubah Sekolah (Catatan-catatan Ringan Berbasiskan Pengalaman. Bandung. MLC/Mizan Learning Center.

http://www.yayasanamalia.org/index.php?option=com_

content&task=view&id=62&Itemid=5. Dipublikasikan pada:

/4/2007. Disampaikan pada Seminar Ilmiah Populer Kesehatan

Anak Usia Sekolah “School Age Parent”. Internet. 10 Juli 2011.

Imam Musbikin. 2008. Melogikakan Rukun Islam (Bagi Kesehatan Fisik dan Psikologi Manusia. Yogyakarta. DIVA Press.

Indrawati, S. A. 2006. Kekerasan Terhadap Anak dalam Perspektif Budaya disampaikan dalam Seminar dan Lokakarya Nasional: Universitas Negeri Jakarta.

Juntika Nurihsan. 2003. Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Bandung. Mutiara.

Juwariyah. 2010. Dasar-dasar Pendidikan Anak dalam Al-quran. Yogyakarta. Sukses Offset (Penerbit Teras).

Kathryn Geldard and David Geldard. 2004. Membantu Memecahkan Masalah Orang Lain dengan Teknik Konseling. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.

Mahfuzh, S. M. J. 2004. Psikologi Anak dan Remaja Muslim. Jakarta. Pustaka Al-Kautsar.

Mansur. 2005. Anak Usia Dini dalam Islam. Jakarta. Pustaka Abadi.

Meutia Larasati. 2010. Kehamilan yang Menakjubkan (Panduan Cerdas Ibu Muslimah). Yogyakarta. Parasmu.

Muhammad Azmi. 1997. Pembinaan Akhlak Anak Usia Pra Sekolah: Upaya Mengefektifkan Nila-nilai Pendidikan Islam dalam Keluarga.

Surabaya. Karya Agung.

Muhammad Husain. 2007. Agar Jiwa Anak Tetap Bersih Peran Ayah Sangat Menentukan. Bandung. Irsyad Baitus Salam.

Muhammad ’Utsman Najati. 2005. Psikologi Nabi: Membangun Pesonan Diri dengan Ajaran-ajaran Nabi Saw. Bandung. Pustaka Hidayah.

Muhibbin Syah. 2011. Psikologi Belajar. RajaGrafindo Persada. Jakarta.

Muzdalifah. 2008. Psikologi Pendidikan. Daros. STAIN Kudus.

Nurhadi Purwosaputro. 2006. Kekerasan Terhadap Anak dalam Perspektif Media Cetak dan Elektronik disampaikan dalam Seminar dan Lokakarya Nasional: Universitas Negeri Jakarta.

Rachman, A. Kekerasan Dalam Pendidikan. disampaikan dalam Seminar dan Lokakarya Nasional: Universitas Negeri Jakarta.

Rakhmawati, D. 2007. Islam dan Kreativitas Guru dalam Metode Pembelajaran (Bab II). Makalah (tidak diterbitkan). Malang. Masjidil ’Ilm Bani Hasyim.

Semiawan, C. R. 2002. Belajar dan Pembelajaran dalam Taraf Pendidikan Usia Dini. Jakarta. PT Prenhallindo.

Shochib, M. 1998. Pola Asuh Orang tua: Untuk Membantu Anak

Mengembangkan Disiplin Diri. Jakarta. Rineka Cipta

Siswanto. 2007. Kesehatan Mental: Konsep, Cakupan dan Perkembangannya. Yogyakarta. ANDI OFFSET

Suara Merdeka. 23 Januari 2008. Kurang, Perhatian Orang Tua pada

Pendidikan Dini.

Sudjana S., H. Djudju. 2000. Strategi Pembelajaran. Bandung. Falah

Production.

Sujanto, A., Lubis, H. & Hadi, T. 2001. Psikologi Kepribadian. Jakarta. Bumi Aksara.

Syarif, A. 2002. Psikologi Qurani. Bandung. Pustaka Hidayah.

Syeh Muhammad Jalaludin Mahfuzh. 2004. Psikologi Anak dan Remaja Muslim. Jakarta. Pustaka Al-Kautsar.

Ubaidillah Achmad. 2010. Fitrah dan Potensi Insani dalam Ilmu Tasawuf.

Jurnal Konseling Religi, Jurusan Dakwah STAIN Kudus, Vol.1, No.1,

Januari-Juni.

Undang-Undang Pendidikan Nasional. 1998. Jakarta. Pustaka Jaya.

Usman, M. B. 2002. Metodologi Pembelajaran Agama Islam. Jakarta. Ciputat Pers.

Undang-undang RI No 23 tahun 2002 Tentang perlindungan Anak.

Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas. 13 Juli 2011. Pendidikan Anak Usia Dini.

Wlodkowski, R. J. & Jaynes, J. H. 2004. Hasrat untuk Belajar: Membantu Anak anak Termotivasi dan Mencintai Belajar. Yogyakarta. Pustaka Pelajar Offset.

Woolfolk, A. E. & Nicolich, L. M. 2004. Mengembangkan Kepribadian dan Kecerdasan Anak-anak (Psikologi Pembelajaran II). Jakarta. Inisiasi Press.

W.S. Winkel, dkk. 2004. Bimbingan dan Konseling Di Institusi Pendidikan. Yogyakarta. Media Abadi

Yamin, M. 2004. Strategi Pembelajaran Berbasis Kompetensi. Jakarta. Gaung Persada Press.

Yuliyatun. 2010. Pendekatan Client-Centered dalam Perspektif Konseling Islam. Jurnal Konseling Religi, Jurusan Dakwah STAIN Kudus, Vol.1, No.2, Juli-Desember.

Zakiyah Darajat. 1978. Perawatan Jiwa untuk Anak-anak. Jakarta. Bulan Bintang.

Zakiyah Darajat. 1995. Pendidikan Islam dalam Keluarga dan Sekolah. Bandung. PT Remaja Rosdakarya Offset.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/thufula.v2i1.4263

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.