Flashcards in Language Area of Early Childhood Education

Taranindya Zulhi Amalia

Abstract


Flashcards menjadi hal yang sifatnya sederhana, mudah
digenggam, dan fleksibel digunakan dalam momen apapun. Rata-rata orang
menggunakan/memainkan kartu di tempat-tempat seperti di rumah, sekolah,
kantor dalam waktu senggang termasuk di arena gamling. Saat ini, kartu
tak hanya ditemukan dalam wujud nyata namun juga abstrak seperti yang
digunakan dalam game komputer, seperti FreeCell, Hearts, Solitaire etc.
Istilah ‘Flash cards’ yang telah booming dengan variasi jenisnya disebabkan
oleh kecepatan pergerakannya, secepat kilat. Disekolah, baik didalam
maupun diluar ruangan, para guru mempersiapkan flashcards sebagai media
penunjang pembelajaran. Namun kini beberapa Pendidikan Anak Usia Dini
(PAUD) menerapkan flashcards untuk mengundang perhatian murid-murid
dari toddlers hingga Taman Kanak-kanak (TK). Disini guru-guru tersebut
menggunakannya pada area bahasa. Tujuannya adalah agar murid-murid
PAUD dapat mempelajari kosakata bahasa yang sederhana dalam rangka
meraih kompetensi komunikatif secara lisan


Keywords


area bahasa; flash cards; PAUD

Full Text:

PDF

References


Act Number 20 Year 2003 on Education System.

A. U. Fakhruddin. 2012. Sukses menjadi Guru TK-PAUD Tips, Strategi, dan Panduan-panduan Pengembangan Praktisnya. Jogjakarta: Bening.

Budden, Joanna. 2004. Using Flash Cards with Young Learners. http://www. teachingenglish.org.uk/talk/contact.shtml.

Harmer, J. 2001. The Practice of English Language Teaching (3rd Edition). Harlow: Longman.

Hasan, Maimunah. 2012. Pendidikan Anak Usia Dini, Jogyakarta: DIVA Press.

http://abcfrog.net [25 March 2014]

http://amazon.co.uk [25 March 2014]

http://customizedplayingcards.com [25 March 2014]

http://englishforkidz-step-by-step.blogspot.com [25 March 2014]

http://homeschoolcreations.net [25 March 2014]

http://mybitofearth.net [25 March 2014]

http://pinterest.com [25 March 2014]

http://shutterstock.com[25 March 2014]

http://stemcellforautism.com [25 March 2014]

http://themesforfun.com [25 March 2014]

Hornby, A. S. 1995. Advanced Learner’s Oxford Dictionary. Oxford: Oxford University Press.

http://www.eHughes, Rebecca. 2002. Teaching and Researching Speaking. Harlow: Pearson Education.

Ministry of Education and Culture, Ministerial Decree Number 58 Year 2009

Standards of Early Childhood Care and Education (ECCE).

R. Moeslichatoen. 1999. Metode Pengajaran di Taman kanak-Kanak, Jakarta: Rineka Cipta.

Scott and Yteberg. 1993. Teaching English to Children. New York: Longman.

Uberman, A. 1998. The Use of Games for Vocabulary, Presentation, and Revision. English Teaching. Forum: 36 (01): 24.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/thufula.v2i1.4268

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.