Pengembangan Bahasa Anak Dengar pada Anak Usia Dini dari Keluarga Orangtua Tunarungu

Ida Vera Sophya

Abstract


Abstrak

Pemerolehan bahasa anak dengar pada anak usia dini yang mempunyai orangtua tunarungu yang pertama tetap berasal dari lingkungan keluarga. Pengembangan bahasa anak dengar pada anak usia dini yang berasal dari keluarga orang tua yang tunarungu bisa dilihat dari faktor kebahasaan dan non-kebahasaan. Adapun berdasarkan faktor kebahasaan meliputi unsur pelafalan, penggunaan intonasi, pemilihan kata, struktur kalimat  dan gaya bahasa. Faktor non kebahasaan ditentukan oleh situasi, tempat, dan penguasaan materi. Faktor penghambat pengembangan kemampuan bahasa anak dengar pada anak usia dini yang mempunyai orangtua tunarungu antara lain adalah faktor lingkungan. Sedangkan faktor pendukung adalah perhatian orangtua akan kebutuhan bahasa anak dipenuhi dengan membelikan buku-buku bergambar sehingga anak bisa memahami dan melafalkannya.


Keywords


Pengembangan Bahasa Anak; Anak Usia Dini; Orangtua Tunarungu

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Ahmad Wasita, 2012. Seluk Beluk Tunarungu dan Tunawicara serta Strategi Pembelajarannya. Yogyakarta:Javalitera

Anas Ahmadi dan Mohammad Jauhar. 2015. Dasar-dasar Psikolinguistic. Jakarta:Prestasi Pustaka

Ellis, Gail dan Brewster Jean. 1991. The storytelling handbook for Primary Teachers. England. Penguin English

Enny Zubaidah. Draft Buku Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini. Pdf

________ 2004. Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini dan Teknik Pengembangannya di Sekolah. Cakrawala Pendidikan:November 2004 Th. XXIII No 3

Lani Bunawan dan Cecilia Susila Yuwati. 2000. Penguasaan Bahasa Anak Tunarungu. Jakarta: Yayasan Santi Rama

Lily Alfiyatul Jannah. 2013. Kesalahan-kesalahan Guru PAUD yang Sering Dianggap Sepele. Yogyakarta:DIVA Press

Suyadi. 2010. Psikologi Belajar PAUD. Yogyakarta:PEDAGOGIA




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/thufula.v7i1.4888

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.