Peran Orang Tua dalam Pengenalan Budaya Literasi untuk Meningkatkan Kecerdasan Bahasa Pada Anak Usia Dini 5-6 Tahun

Rizka Amalia, Nurkamelia Mukhtar AH

Abstract


The role of parents in introducing literacy culture of early childhood can be seen from the efforts of parents at home. The family is the place where the character of the child is formed, introduce the child to read a book that suitable with his developmental age, invite the child to hear some stories and create conducive atmosphere for them. Literacy culture of early childhood is not only focus on reading and writing, but also involves communication process which are listening, children are able to think logically and critically, and the development of linguistic intelligence orally. Among the parents’ attempts to introduce literacy culture of early childhood are: (1) family library and playing; (2) library membership registering; (3) library tour; (4) story telling; (5) watching a foreign tv channel; and (6) field trip. stimulate the literacy culture of early childhood.


Keywords


Parents’ Role, Literacy Culture, Linguistic Intelligent, Early Childhood

References


Abidin, Yunus. dkk. Pembelajaran Literasi Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, Membaca dan Menulis. Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2017.

Christiani, Martha. “Membaca dan Menulis Permulaan Untuk Anak Usia Dini”, dalam Jurnal Pendidikan Anak, Volume II, Edisi 2, Desember 2013. p.313, 2013.

Dalman. Keterampilan Membaca. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2017.

Devianti, Ayunita. Panduan Lengkap Mencerdaskan Otak Anak Usia 1-6 Tahun, Yogyakarta: Araska, 2013.

Dougherty, Dorothy P. Ajari Aku Mengucapkannya Dengan Benar, Membantu Anak Anda Yang Mengalami Masalah Artikulasi, Terj. Ahmad Fajar, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2014.

Fadlillah, M. dkk. Edutainment Pendidikan Anak Usia Dini, Menciptakan Pembelajaran Menarik, Kreatif, dan Menyenangkan, Jakarta: Kencana, 2014.

Hasan, Maemunah. Pendidikan Anak Usia Dini, Manajemen Mutu Pendidikan Anak untuk Para Guru dan Orang Tua. Cet.ke-X. Yogyakarta: Diva Press, 2013.

Helmawati. Pendidikan Keluarga Teoritis dan Praktis. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2014.

Jim Trelease. The Read-Aloud Handbook Membaca Buku dengan Nyaring, Melejitkan Kecerdasan Anak. Jakarta Selatan: Noura PT. Mizan Publika, 2017.

Kalida, Muhsin & Mursyid, Moh. Gerakan Literasi Mencerdaskan Negeri. Yogyakarta: Aswaja Pressindo, 2014.

Kompas.com, Minat Baca Anak Rendah, Perlu Terobosan Baru?, pada hari Kamis 22 Juni 2017, pukul 17.22 WIB, diakses pada tanggal 10 November 2017 dari https://www.google.co.id/amp/amp.kompas.com/edukasi/read/2017/06/22/17223781/minat.baca.anak.rendah.perluterobosan.baru

Nuraeni, Afiah. “Peran Orang Tua Dalam Pengembangan Literasi Dini Anak Kelompok B di Gugus Mengunan Dlingo Bantul”. Dalam Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Edisi 3, Tahun ke 5, p. 246, 2016.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Nomor 137 Tahun 2014. Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.

Ruhaena, Lisnawati. Model Multisensori: Solusi Stimulasi Literasi Anak Prasekolah, Dalam Jurnal Psikologi Volume 42, No.1. April, 2015.

Sumarwan, Eri. Literasi Anak Sebuah Panduan Memahami Baca Tulis Anak Sejak Dini. Yogyakarta: Gambang, 2009.

Susanto, Ahmad. Pendidikan Anak Usia Din (Konsep dan Teori). Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2017.

Tribunnews.com, Memprihatinkan, Ternyata Minat Baca Indonesia Duduki Peringkat 60 dari 61 Negara, pada hari Senin 15 Mei 2017, pukul 20:49 WIB, diakses pada tanggal 10 November 2017 dari https: //www.google.co.id/amp/m.tribunnews.com/amp/regional/2017/05/15/memprihatinkan-ternyata-minat-baca-indonesia-duduki-pringkat-60-dari-61-negara.

Wiyani, Novan Ardy. Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini Panduan bagi Orang Tua dan Pendidik PAUD dalam Memahami serta Mendidik Anak Usia Dini, Yogyakarta: Gava Media, 2014.

Young, Caroline. Menghibur dan Mendidik Anak. Jakarta: Erlangga, 2008.

Yusuf, Syamsu. Psikologi Perkembangan Anak Dan Remaja. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2012.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/thufula.v7i2.5638

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

  http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/17.jpg http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/19.jpg

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional