Model Pelibatan Keluarga dalam Penerapan Pendidikan Sosial dan Finansial di PAUD

Ifat Fatimah Zahro, Fifiet Dwi Tresna Santana

Abstract


Tujuan penulisan ini adalah mengetahui gambaran model pelibatan keluarga dalam pendidikan sosial dan finansial anak usia dini, dari beberapa literatur. Berikut contoh kegiatan dari pencapaian program Aflatot. Fokus masalah dalam penelitian ini yakni: 1). Kurangnya pengetahuan tentang pentingnya pendidikan sosial dan finansial di beberapa PAUD, sehingga menjadikan anak manja finansial karena semua kebutuhan hidup selalu dicukupi orang tuanya; 2). Keterbatasan satuan PAUD dalam pelibatan keluarga terutama penerapan pendidikan sosial dan finansial, sedangkan melek finansial pada anak usia dini diperlukan keselarasan dan menjadi tanggung jawab orang tua dan lembaga PAUD. Metode yang digunakan dalam mencapai tujuan tersebut adalah melalui metode studi kepustakaan (telaah buku dan dokumen) yang berkenaan dengan kebijakan, konsep dan teori, model serta informasi dari hasil pengumpulan data yang berhubungan dengan pelaksanaan pelibatan keluarga dalam program Aflatot.  Hasil dari penelitian ini adalah model pelibatan keluarga dalam program Aflatot dan implementasi gemar menabung dan berhemat termasuk kepada bentuk pelibatan keluarga di satuan PAUD yaitu berperan dalam kegiatan penguatan pendidikan karakter anak di satuan pendidikan, berpartisipasi dalam kegiatan lain untuk pengembangan diri anak, menumbuhkan nilai-nilai karakter anak di lingkungan keluarga, dan memfasilitasi kebutuhan belajar anak.

 


Keywords


Pelibatan Keluarga, Pendidikan sosial dan finansial, PAUD.

Full Text:

PDF

References


Aplatot Manual, Social and Financial Education for Early Childhood. Stichting Aflatoun Internasional, Amsterdam, The Netherlands. (Terjemahan)

Bodrova, E. (2008). Make-believe play versus academic skills: a Vygotskian approach to today’s dilemma of early childhood education. European Early Childhood Education Research Journal, 16(3), 357-369. doi:10.1080/13502930802291777

Mulyadi, Seto & Trizki, Lutfi. 2012. Financial Parenting: Menjadikan Anak Cerdas dan Cermat Mengelola Uang. Mizan Media Utama. Bandung.

Morrison, George S. 2008. Fundamentals of Early Childhood Education, 5th edition. Pearson Education, Inc.

Kemendikbud. 2014. Rencana Strategis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 2014-2019.

Kemendikbud. 2017. Pengembangan Kecerdasan Finansial Anak dengan aktivitas Gemar Menabung dan Berhemat Sejak Dini. PP-PAUD dan Dikmas Jawa Barat

Poulson. (2008). Taking Financial Literacy to The Next Level: Important Challenges and Promising Solution. OECD-US Treasury International Conference on Financial Education.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/thufula.v7i2.5970

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.