Pola Asuh Anak Cerdas Istimewa dengan Metode ala Rosulullah saw

Novita Pancaningrum

Abstract


Abstract: PARENTING OF GIFT CHILD BY USING RASULULLAH SAW
METHOD. This Study’s aim is to know how Rosulullah’s methods is use for
Gifted Child. Gifted Child are children with Intelligence above others. They
are independent Children, doing something by themselves, don’t like being
ordered, and creating ideas. They are Children with Intelligence above 130
(Weschler’s scale). They have high and deep thinking and different attitude
if we compare them with the normal intelligence children. The method to
teach them have to adapted with their need. From 40’s method that found
by Abdul Fattah Abu Ghuddah, we just use 10’s method to be used for
Gifted Children: Modelling and Good Attitude method, Graduation
Teaching method, Situation and Condition’s method, Selection and
Competency method, Interaction (Ask and Answer) method, Question
method (rational thinking) Intelligence method, Analog method, Similarity
method, Drawing method. This study use Library Research Method. From
this study, we know that Rosulullah’s methods are appropriate to teach
Gifted Children with seeing each Gifted Child condition.

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pola asuh
ala Rosul diterapkan pada anak cerdas istimewa. Anak Cerdas Istimewa
adalah anak dengan kepandaian di atas rata-rata teman sebayanya.
Mereka merupakan anak yang mandiri, bertingkah laku autodidak, tidak
bisa didikte, dan penghasil konsep/pencipta ide. Dengan tingkat
Intelegensi di atas 130 (skala Weschler) mereka memiliki pola pemikiran
tingkat tinggi dan tidak bisa disamakan dengan teman sebayanya yang
memiliki Intelegensi normal. Pola pendidikan dan pengasuhan pun harus
disesuaikan dengan kebutuhan mereka. Dari 40 Metode Rosulullah yang
ditemukan Abdul Fattah Abu Ghuddah, peneliti hanya memakai 10 metode
yang diterapkan pada Anak Cerdas Istimewa, yaitu: Metode Modelling dan
Etika Mulia, Metode Pengajaran Graduasi, Metode Situasional dan
Kondisional, Metode Selektif dan disesuaikan dengan kompetensi Peserta
Didik, Metode Interaktif-Dialogis (Tanya Jawab), Metode Pertanyaan
(berpikir logis/rasional), Metode Pertanyaan untuk menyelami kecerdasan
dan pemahaman, Metode Analogi, Metode Tasybih (membuat persamaan
antara beberapa hal yang berbeda), Metode menulis (menggambar).
Penelitian ini menggunakan metode library research. Dari penelitian ini
ditemukan bahwa Metode Rosulullah semuanya tepat dalam mendidik
Anak Cerdas Istimewa, dengan menyesuaikan kondisi masing-masing Anak
Cerdas Istimewa.


Keywords


Intelligence; Gifted Children; Rosulullah’s Teaching Method

Full Text:

PDF

References


Ghuddah, Abdul Fattah Abu. Penj. Mochtar Zoerni. 2009. 40

Metode Pendidikan dan Pengajaran Rasulullah saw.

Bandung: Irsyad Baitus Salam.

Gottman, John dan Juan DeClaire. Penj. Humaidi. 2004. Mengasuh

Anak dengan Hati. Yogyakarta: Prisma Media

Maria van Tiel, Julia dan Endang Widyorini. 2015. Deteksi dan

Penanganan Anak Cerdas Istimewa (Anak Gifted) melalui

Pola Alamiah Tumbuh Kembangnya. Jakarta:

Prenadamedia Group

Wilcox, Lynn. Penj. Kumalahadi P. 2013. Psikologi Kepribadian;

Analisis Seluk beluk Kepribadian Manusia. Yogyakarta:

IRCiSoD

Sangkanparan, Hartono.2012. Mencetak Superman Masa Depan.

Jakarta: Visimedia

Gunawan, Adi W. 2012. Genius Learning Strategy; Petunjuk Praktis

untuk menerapkan Accelerated Learning. Jakarta: PT

Gramedia Pustaka Utama.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/thufula.v5i2.3481

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

  http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/17.jpg http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/19.jpg

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional