Kegiatan Literasi Perpustakaan sebagai Sarana Pengembangan Minat Baca Anak Usia Dini di TK Masyithoh 25 Sokaraja

Heru Kurniawan, Ikom Prasetyani

Abstract


TK Masyithoh 25 Sokaraja library has an important role in developing the reading interest of their students. The activity which is developed is library literacy. Through this library literacy TK Masyithoh 25 Sokaraja is able to develop children's interest in reading. The library literacy activities which developed are the activities of borrowing and returning books, story telling activities for children, and literacy activities of reading aloud. The three activities in turn programmed are followed by students of TK Masyithoh 25 Sokaraja. Through these three activities, students of TK Masyithoh 25 Sokaraja can increase their reading interest which is characterized by: the child's needs for reading books, actions to looking for reading sources ; pleasure in reading; interest in reading; the desire to always read; and follow-up (following up on what they read).

Keywords


reading interest; early childhood; library; literacy

Full Text:

PDF

References


Abidin, Yunus, Tita Mulyati, dan Hana Yunansah. 2017. Pembelajaran Literasi Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, Membaca, dan Menulis. Jakarta : Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Manajemen Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

________________. 2013. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta.

Aunillah, Nurla Isna. 2015. Membentuk Karakter Anak Sejak Janin, Jakarta: FlashBooks.

Bafadal, Ibrahim. 2005. Pengelolaan Perpustakaan Sekolah, Jakarta, PT: Bumu Aksara.

Bungin, Burhan. 2008. Penelitian Kualitatif komunikatif, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu sosial lainnya. Jakarta: Kencana.

Dalman. 2014. Keterampilan Membaca. Jakarta: Rajawali Pres.

Darmono. 2010. Manajemen dan Tata Kerja Perpustakaan Sekolah. Jakarta: PT Grasindo.

Desmita. 2009. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Emzir. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif: Analisis Data. Jakarta: Rajawali Press.

Ibrahim dan Nana Sujana. 2001. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Itadz. 2008. Memilih Menyusun dan Menyajikan Cerita Untuk Anak Usia Dini. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Kamah, Idris. 2002. Pedoman Pembinaan Minat Baca. Jakarta: Perpustakaan RI.

Kurniawan, Heru. 2013. Keajaiban Mendongeng: Memahami, Memilih dan Menyajikan Dongeng Berkualitas untuk Perkembangan Anak. Jakarta: Bhuana Ilmu Populer.

Madyawati, Lilis. 2016. Strategi Pengembangan Bahasa Pada Anak. Jakarta:Kencana.

Margono, S. 2004. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Moleong, Lexy J. 2013. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mutiah, Diana. 2010. Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.

Prastowo, Andi. 2012. Manajemen Perpustakaan Sekolah Profesional. Yogyakarta: Diva Press.

Rahim, Farida. 2008. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.

Rohmad, Ali. 2009. Kapita Slekta Pendidikan. Yogyakarta: Teras.

Santi, Danar.2009. Pendidikan Anak Usia Dini Antar Teori dan Praktik. Jakarta: PT Indeks.

Sudijono, Anas. 2000. Pengantar Stastistika Pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sugiono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D Bandung, Alfabeta.

Sugiyono. 2013. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Susanto, Ahmad. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini Pengantar dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta: Kencana.

Tohirin. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif dalam Pendidikan dan Bimbingan Konseling. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Tim Penyusun Pedoman Penulis Skripsi Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Purwokerto. 2014. Purwokerto: STAIN PRESS.

Wiyani, Novan Ardy. 2015. Manajemen PAUD Bermutu. Yogyakarta: Gava Media.

Yus, Ainta. 2011. Penilaian Perkembangan Belajar Anak Taman Kanak-kanak,. Jakarta:kencana.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/thufula.v7i1.5069

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.